Biodata Jordy Wehrmann, Dulu Tolak Ajakan Shin Tae-yong Bela Timnas Indonesia Kini Menyesal?
Kolase Jordy Wehrmann. (Instagram/@jordywehrmann & @maduraunited.fc)
16:06
15 Juli 2024

Biodata Jordy Wehrmann, Dulu Tolak Ajakan Shin Tae-yong Bela Timnas Indonesia Kini Menyesal?

Mengenal Jordy Wehrmann, pemain keturunan yang dulu jual mahal menolak Timnas Indonesia dan kini justru berlabuh di klub Liga 1, Madura United.

Nama Jordy Wehrmann tengah menjadi perbincangan pecinta sepak bola Indonesia usai dirinya menjadi rekrutan baru Madura United untuk Liga 1 2024/2025.

Pemain berusia 25 tahun itu bergabung Madura United setelah sebelumnya sempat bermain di Kroasia bersama NK Vukovar 1991.

Sebelum bergabung Madura United, Jordy Wehrmann pernah bermain bersama klub-klub top Eropa seperti Feyenoord, ADO Den Haag, dan tim papan atas Swiss, FC Luzern.

Baca Juga: Bibit Unggul, Calon Pemain Timnas Indonesia Kembali Tampil Starter bersama Klubnya di Belanda

Saat masih bermain di FC Luzern, Jordy Wehrmann sempat didekati oleh PSSI untuk menjalani proses naturalisasi guna membela Timnas Indonesia.

Tapi saat itu, pemain keturunan Indonesia itu menolak dengan dalih ingin fokus ke kariernya dan klubnya terlebih dahulu.

“Tapi problemnya waktu itu, aku sedang proses untuk pindah ke klub lain di luar Belanda. Waktu itu karena terlalu sibuk, aku fokus mencari klub baru,” ungkapnya dikutip dari YouTube Yussa Nugraha.

Usai memberi penolakan, Jordy Wehrmann pun mengaku tertarik membela Timnas Indonesia. Tapi apa daya, nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan selalu di belakang setelah dirinya tak lagi dilirik hingga kini bergabung Madura United.

Lantas, seperti apa kiprah Jordy Wehrmann sebelum bergabung Madura United? Bagaimana perjalanan kariernya dan latar belakangnya?

Baca Juga: Tumbang Lagi! 3 Alasan yang Membuat Timnas Indonesia Putri Pantas Kalah dari Hongkong

Biodata Jordy Wehrmann

Nama: Jordy Hendrik Nicolaus Wehrmann

Nama Panggilan: Jordy

Tanggal Lahir: 25 Mei 1999 (25 tahun)

Posisi: Gelandang

Klub: Madura United

Karier Jordy Wehrmann

Pemain keturunan Indonesia, Jordy Wehrmann. (Instagram/@jordywehrmann)Pemain keturunan Indonesia, Jordy Wehrmann. (Instagram/@jordywehrmann)

Jordy Wehrmann mengawali karier sepak bolanya di tanah kelahirannya, yakni Hague, Belanda. Ia pertama kali bermain pada usia 7 tahun di klub VV SVH.

Setelahnya, Jordy Wehrmann melanjutkan kariernya di akademi Feyenoord. Di klub tersebut, ia berhasil tampil memukau dengan naik kelas dari U-17 ke U-21.

Usai menembus tim U-21, Jordy Wehrmann kemudian dipinjamkan ke FC Dordrecht pada 2019 guna menambah jam terbangnya di level profesional.

Bersama FC Dordrecht, ia pun tampil sebanyak 24 kali dengan lesakkan 1 gol dan 4 assist. Catatan itu kemudian membuat Feyenoord meminjamkannya ke klub papan atas Swiss, FC Luzern pada 2021.

Selama enam bulan masa pinjaman di FC Luzern, Jordy Wehrmann langsung menjadi andalan di lini tengah dan kemudian dipermanenkan pada musim panas 2021.

Usai dipermanenkan, Jordy Wehrmann tetap menjadi andalan di musim 2021/2022 dengan mencatatkan 23 penampilan dengan sumbangan 1 gol.

Kemudian pada musim panas 2022, FC Luzern memutuskan meminjamkannya ke ADO Den Haag hingga 2023. Di peminjaman ini, ia tetap tampil apik dengan 2 gol dan 1 assist dari 21 laga.

Namun masa peminjamannya di ADO Den Haag berakhir, FC Luzern memutuskan melepasnya sehingga Jordy Wehrmann berstatus tanpa klub sejak Juli hingga Oktober 2023.

Beruntung karier Jordy Wehrmann diselamatkan oleh tim kasta kedua Kroasia, NK Vukovar 1991, di mana ia bisa tampil sebanyak 20 kali dengan torehan 1 gol dan 1 assist.

Kini, perjalanan Jordy Wehrmann membawanya ke Indonesia, di mana ia resmi bergabung Madura United untuk Liga 1 2024/2025.

Saat masih berusia remaja, Jordy Wehrmann dikenal sebagai pemain berbakat. Hal ini membuatnya sempat mendapat pemanggilan ke Timnas Belanda kelompok umur.

Tercatat, Jordy Wehrmann pernah bermain untuk Timnas Belanda U-16, U-17, U-19, dan U-20 dengan total 30 penampilan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #jordy #wehrmann #dulu #tolak #ajakan #shin #yong #bela #timnas #indonesia #kini #menyesal

KOMENTAR