Pernah Dimusuhi Fans Indonesia, Kiper Singapura Hassan Sunny Donasi Rp120 Juta ke Muhammadiyah
Penjaga gawang timnas Singapura Hassan Sunny (tengah) menangkap bola saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara China vs Singapura di Tianjin pada 26 Maret 2024. AFP
14:18
9 Juli 2024

Pernah Dimusuhi Fans Indonesia, Kiper Singapura Hassan Sunny Donasi Rp120 Juta ke Muhammadiyah

Kiper Singapura Hassan Sunny menjadi perbincangan setelah memutuskan untuk mendonasikan uang 10 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp120 juta ke Muhammadiyah Welfare Home.

Hal itu dilakukan Hassan Sunny setelah mengetahui para penggemar sepak bola China berbondong-bondong memberinya uang yang terkumpul sekitar 10 ribu dolar Singapura di rekeningnya.

Sunny dianggap sebagai pahlawan timnas China karena tampil apik ketika Singapura kalah 1-3 dari Thailand dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beberapa waktu lalu.

Andai saat itu Thailand mampu mencetak gol lebih banyak, maka Negeri Gajah Perang lah yang berhak melangkah ke putaran ketiga alih-alih Timnas China.

Baca Juga: STY Didesak Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Apapun Caranya

Menariknya, terdapat warganet China yang membagikan QRIS warung nasi melayu milik Hassan Sunny. Uang pun mengalir ke rekening tersebut.

Penjaga gawang Singapura Hassan Sunny memperkuat The Lions di Piala AFF 2010. [AFP]Penjaga gawang Singapura Hassan Sunny memperkuat The Lions di Piala AFF 2010. [AFP]

Kiper yang kini berusia 40 tahun itu mengaku berterima kasih atas dukungan dari fans China. Setelah berdiskusi dengan keluarganya, dia memilih untuk mendonasikan uang tersebut ke Muhammadiyah Welfare Home.

“Saya berdiskusi bersama keluarga ketika menyadari sebenarnya ini bukan uang saya,” ujar Hassan Sunny dikutip Suara.com dari Channel News Asia (CNA), Selasa (9/7/2024).

"Uang ini adalah sumbangan [dari fans China] dan saya pikir apa yang bisa saya lakukan dengan uang ini adalah memberikannya kembali pada masyarakat."

Di balik aksi mulianya, Hassan Sunny pernah jadi musuh fans Timnas Indonesia. Hal itu terjadi pada Piala AFF 2020 silam.

Baca Juga: Shin Tae-yong Terlihat Kurus Jelang Kembali Pimpin Timnas Indonesia, Ternyata Idap Sakit Serius

Hassan Sunny jadi sasaran amukan netizen selepas pertandingan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020 pada 2021 silam.

Pasalnya, dia menunjukkan ekspresi tersenyum lebar dengan pose dua jari setelah menangkan bola tendangan pemain Timnas Indonesia.

Laga Timnas Indonesia vs Singapura itu pun pada akhirnya rampung dengan skor 1-1 di mana gol Garuda dicetak Witan Sulaeman (28') sementara Singapura membalas lewat Ikhsan Fandi (70').

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pernah #dimusuhi #fans #indonesia #kiper #singapura #hassan #sunny #donasi #rp120 #juta #muhammadiyah

KOMENTAR