Penyerang Keturunan Banda Neira Jelaskan Hubungan Darah dengan Jairo Riedewald, Keponakan atau Adik Kandung?
Pemain muda berbakat, Kenzo Riedewald, menyatakan minatnya untuk membela Timnas Indonesia. (@kenzoriedewald)
16:06
4 Juli 2024

Penyerang Keturunan Banda Neira Jelaskan Hubungan Darah dengan Jairo Riedewald, Keponakan atau Adik Kandung?

Pemain keturunan Banda Neira, Kenzo Riedewald, mengungkapkan hubungannya dengan Jairo Riedewald yang kerap disebut-sebut sebagai adik kandung ataupun keponakan dari eks pemain Crystal Palace itu.

Kenzo Riedewald mengungkapkannya saat berbincang-bincang dengan Yussa Nugraha di kanal YouTube-nya, @YussaNugraha pada Rabu (3/7) kemarin.

Karena memiliki kesamaan di nama belakang, banyak orang di Indonesia menganggap Kenzo merupakan adik kandung ataupun keponakan dari Jairo.

Tapi Kenzo membantah hal tersebut. Pemain berusia 17 tahun itu mengungkapkan bahwa ia dan Jairo hanyalah saudara jauh dan tak punya hubungan spesial seperti adik kandung atau keponakan.

Baca Juga: Bung Ropan: Info dari Erick Thohir, Maarten Paes Tak Bela Timnas Indonesia September Nanti, Kecuali Hal Ini Terjadi

“Ya, aku keluarga dengannya (Jairo). Keluarga jauh, tapi ya dia keluargaku,” kata pemain yang kini tercatat membela AZ Alkmaar tersebut.

Kenzo kemudian menjelaskan bahwa kakeknya yang berasal dari Banda Neira pernah menjelaskannya kepadanya mengenai kesamaan nama belakangnya dengan Jairo.

Tapi Kenzo tak begitu memahaminya. Terlebih sang kakek telah tiada dan merupakan satu-satunya orang yang mengetahui seluk-beluk mengenai nama ‘Riedewald’ itu.

“Dan kakekku pernah menjelaskan kepadaku, tapi sayangnya dia (sudah) meninggal. Jadi dia tidak bisa lagi menjelaskannya. Dia adalah satu-satunya orang yang tahu,” lanjut Kenzo.

Kenzo pun kemudian menuturkan bahwa dirinya tidak pernah berbicara dengan Jairo, kendati keduanya masih memiliki ikatan keluarga.

Baca Juga: Segera Kembali ke Indonesia, Shin Tae-yong Pantau Jens Raven Cs di Piala AFF U-19 2024?

Sebagai informasi, Jairo Riedewald sendiri banyak diberitakan memiliki darah keturunan Indonesia dan Suriname, sama halnya dengan Kenzo.

Bahkan santer dirumorkan pemain berusia 27 tahun tersebut memilih membela Timnas Indonesia ketimbang Suriname.

Hanya saja hingga kini proses naturalisasi Jairo tak kunjung dilaksanakan. Belum diketahui apakah dirinya memang benar akan dinaturalisasi atau tidak.

Berbeda dengan Jairo, Kenzo Riedewald justru terbuka dan siap untuk membela Timnas Indonesia jika nantinya dihubungi oleh PSSI.

Sayangnya, hingga kini dirinya belum didekati oleh orang-orang PSSI untuk menjalani naturalisasi guna membela Timnas Indonesia.

“Dan terkadang ya, sering aku juga berpikir untuk melakukannya (membela Indonesia). (Tapi) tidak pernah benar-benar ada orang datang padaku secara konkret,” kata Kenzo.

Sekadar informasi tambahan, Kenzo saat ini bermain bersama akademi AZ Alkmaar. Ia sendiri berposisi sebagai penyerang sayap atau winger.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #penyerang #keturunan #banda #neira #jelaskan #hubungan #darah #dengan #jairo #riedewald #keponakan #atau #adik #kandung

KOMENTAR