Profil Singkat 5 Pelatih yang Jadi Lawan Shin Tae-yong di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Shin Tae-yong berpikir realistis dengan hanya mematok posisi 3-4 klasemen grup C. (suara.com)
15:42
30 Juni 2024

Profil Singkat 5 Pelatih yang Jadi Lawan Shin Tae-yong di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia melanjutkan perjalanan mereka dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mencapai putaran ketiga.

Ini adalah arena yang sangat kompetitif bagi Shin Tae-yong dan timnya, di mana strategi para pelatih kelas dunia akan diuji.

Lantas seperti apa pelatih yang bakal jadi lawan Shin Tae-yong di putaran 3?

1. Graham Arnold

Baca Juga: Piala AFF U-16: Lawan Australia di Semifinal, Timnas Indonesia Tak Perlu Gentar!

Pelatih Australia Graham Arnold memberikan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia 2022 Qatar antara Prancis dan Australia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 22 November 2022. Permata SAMAD / AFPPelatih Australia Graham Arnold memberikan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia 2022 Qatar antara Prancis dan Australia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 22 November 2022. Permata SAMAD / AFP

Graham Arnold, pelatih Australia yang juga memimpin timnas negaranya, memiliki sebagian besar karier kepelatihannya di Australia, baik di klub maupun timnas.

Arnold pernah singgah di Jepang, mengelola Vegalta Sendai, sebelum kembali fokus di Australia.

Di sana, dia melatih klub seperti Sydney United, Northern Spirit, Central Coast Mariners, dan Sydney FC.

Selain itu, Arnold juga berperan sebagai asisten pelatih dan pelatih sementara untuk Timnas Australia.

Dia dua kali menangani Australia U-23, antara tahun 2007-2008 dan 2018-2021, dan meraih sejumlah gelar prestisius bersama klubnya.

Baca Juga: Pengamat Asal Amerika Serikat Sebut Indonesia Berpeluang Masuk Round 4 Kualifikasi

2. Roberto Mancini

Pelatih Arab Saudi asal Italia Roberto Mancini berbicara dengan gelandangnya #18 Abdulrahman Ghareeb selama pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Kyrgyzstan dan Arab Saudi di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada Minggu (21/1/2024). ANTARA/AFP/Karim JaafarPelatih Arab Saudi asal Italia Roberto Mancini berbicara dengan gelandangnya #18 Abdulrahman Ghareeb selama pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Kyrgyzstan dan Arab Saudi di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada Minggu (21/1/2024). ANTARA/AFP/Karim Jaafar

Roberto Mancini, pelatih Italia yang sangat berpengalaman, meraih gelar Serie A dengan Inter Milan dan Premier League dengan Manchester City.

Selain itu, Mancini membawa Timnas Italia meraih Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris di final. Sejak Agustus 2023, dia menangani Timnas Arab Saudi, memperkaya persaingan sepak bola di Asia.

3. Dragan Talajic

Dragan Talajic, pelatih berpaspor Kroasia, memiliki pengalaman luas di Timur Tengah, termasuk mengelola klub di Arab Saudi, Bahrain, Yordania, Kuwait, dan Oman. Dia juga pernah menangani di Thailand dan China.

Prestasi terbesarnya adalah saat memimpin Al-Ittihad, klub Arab Saudi, meraih gelar Liga Champions Asia 2004.

Talajic baru-baru ini mulai menangani Timnas Bahrain pada 20 Februari 2024.

Ini merupakan pengalaman pertamanya melatih timnas, dan dia memulainya dengan baik dengan timnya tidak terkalahkan dalam empat pertandingan.

Bahrain mencatatkan dua kemenangan dan dua kali seri di Grup H kualifikasi Piala Dunia 2026.

4. Branko Ivankovic

Pelatih Oman asal Kroasia, Branko Ivankovic berbicara kepada para pemainnya selama matchday ketiga Grup F Piala Asia 2023 antara Kirgistan vs Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Pelatih Oman asal Kroasia, Branko Ivankovic berbicara kepada para pemainnya selama matchday ketiga Grup F Piala Asia 2023 antara Kirgistan vs Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Branko Ivankovic, pelatih berpaspor Kroasia, baru-baru ini mulai menangani China sejak Februari 2024.

Meskipun catatannya belum begitu gemilang dengan hanya satu kemenangan dari empat pertandingan, Ivankovic memiliki karier yang cemerlang.

Ia meraih sukses besar sebagai pelatih, menyumbang medali emas Asian Games 2002 untuk Iran dan memenangkan Piala Asia Barat 2004 bersama tim tersebut.

5. Hajime Moriyasu

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu. [JOHN THYS / AFP]Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu. [JOHN THYS / AFP]

Hajime Moriyasu, pelatih Jepang yang melatih timnas negaranya sendiri dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, telah mencatatkan prestasi yang signifikan.

Dia membawa Jepang meraih gelar Piala Asia Timur 2022 dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Korea Selatan dan China.

Pada Piala Dunia 2022, Jepang di bawah arahannya berhasil mengalahkan Spanyol dan Jerman sebelum kalah dari Kroasia di babak 16 besar.

Moriyasu juga berperan penting dalam memajukan peringkat FIFA Jepang ke posisi ke-18.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #profil #singkat #pelatih #yang #jadi #lawan #shin #yong #ronde #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR