Ketua BTN Pastikan Timnas Indonesia Tambah Pemain Keturunan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026
Manajer Timnas Indonesia U-22 Sumardji di sela memantau latihan di Lapangan The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh, Rabu (3/5/2023). ANTARA/Bayu Kuncahyo
19:48
29 Juni 2024

Ketua BTN Pastikan Timnas Indonesia Tambah Pemain Keturunan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menegaskan Timnas Indonesia masih akan mendapat tambahan pemain keturunan jelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sumardji menyebut PSSI sedang berusaha dan mengupayakan adanya tambahan pemain keturunan untuk Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski begitu, pemain yang akan masuk bukan sembarangan, melainkan harus sesuai dengan kriteria yang diperlukan skuad Garuda saat ini.

Hal ini disadari benar BTN maupun PSSI, di samping Timnas Indonesia membutuhkan tambahan kekuatan untuk bisa bersaing di putaran ketiga babak kualifikasi.

Baca Juga: Shin Tae-yong Didenda Ratusan Juta Karena Kritik AFC: Kok Anti Kritik

Adapun Timnas Indonesia tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga, alih-alih terhindar dari lawan sulit.

Semua grup di babak ini berisi lawan yang tidak sembarangan, termasuk Grup C yang dihuni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

"Kemungkinan untuk menambah tentu ada, ketua umum sedang mempersiapkan semua dan kita berupaya semaksimal mungkin," ucap Sumardji.

"Agar pemain yang memang dibutuhkan pada posisi yang memang membutuhkan, butuh tenaga bantuan, butuh tenaga yang betul-betul diharapkan bisa menambah kekuatan."

"Dan bisa merubah semuanya, tentu ini masih dalam proses. Mudah-mudahan sebelum dimulai ronde ketiga ini sudah ada," imbuhnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia, Dukungan Deras, dan Jalan Terjal Menuju Piala Dunia

Timnas Indonesia tentu menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah di fase grup ini, namun kekuatan skuad Garuda tidak bisa disepelekan.

Begitulah yang diungkapkan Hajime Moriyasu selaku pelatih Timnas Jepang, sosok yang sudah pernah menghadapi kekuatan Timnas Indonesia.

"Pandangan pertama saya atas hasil undian ini adalah kami masuk dalam grup yang sangat sulit," ucap Hajime Moriyasu.

"Ada Australia dan Arab Saudi, kekuatan hebat di Asia. Ada juga Bahrain, China dan Indonesia yang tak bisa diremehkan."

"Kami sudah tahu kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia lalu. Tapi, sebaliknya mereka juga tentu sudah tahu kita. Indonesia punya pemain dan kekompakan tim yang bagus."

"Di babak sebelumnya (Round 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia), kami menemui kesulitan yang besar."

"Tentu, di fase ini, levelnya akan jauh lebih tinggi lagi. Saya rasa di babak ini semua pertandingan akan berjalan dengan jauh lebih sulit lagi," imbuhnya.

Menarik dinantikan lebih lanjut siapa saja pemain keturunan yang bakal bergabung membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #ketua #pastikan #timnas #indonesia #tambah #pemain #keturunan #untuk #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR