Pelatih Filipina Puji Tangan Dingin Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia, Hampir Level Macan Asia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersama pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet pada konferensi pers jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. [Suara.com / Adie P]
19:06
10 Juni 2024

Pelatih Filipina Puji Tangan Dingin Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia, Hampir Level Macan Asia

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet memuji habis kualitas pelatih Shin Tae-yong dan juga Timnas Indonesia jelang perjumpaan kedua tim di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, untuk matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Selasa (11/6/2024).

Timnas Indonesia akan mengamankan kelolosan ke ronde ketiga kualifikasi apabila menang, sementara Filipina dipastikan sudah kandas di Grup F.

Jelang pertandingan ini, Timnas Indonesia dipuji habis oleh pelatih Filipina, Tom Saintfiet. Progres Timnas Indonesia bersama pelatih Shin Tae-yong menurutnya sudah sangat-sangat bagus.

Baca Juga: Tantang Timnas Indonesia, Filipina Bertekad Tutup Kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan Manis

Bahkan, Saintfiet meyakini level skuad Garuda telah mendekati Jepang, Korea Selatan, dan tim-tim 'Macan Asia' lainnya.

"Saya pikir Indonesia adalah kekuatan baru dalam sepak bola Asia. Saya tahu, kita semua tahu. Tim dari Indonesia harus diakui sangat kuat, dengan materi pemain bagus-bagus, pelatih sangat bagus," ucap Tom Saintfiet seperti dilansir ASEAN Football, Senin (10/6/2024).

"Timnas Indonesia semakin mendekati level Korea Selatan, Jepang dan negara-negara sejenis dalam sepak bola Asia," sambung pelatih berpaspor Belgia berusia 51 tahun itu.

"Saya berasal dari Belgia, saya bekerja di Belanda. Saya tahu banyak pemain. Juga beberapa pemain Timnas Indonesia yang main di klub Belgia seperti Sandy Walsh."

Saintfiet mengakui bahwa Indonesia punya level yang sangat baik untuk saat ini. Meskipun begitu, Saintfiet memastikan bahwa Filipina tidak takut dan berketad untuk meraih kemenangan tandang di SUGBK.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina: Tim Garuda Superior

"Akan ada stadion yang penuh dengan penggemar fantastis dan kami akan menikmati bermain di depan publik mereka dan itu normal sebagai pelatih," tutur Saintfiet.

"Kami tidak akan bermain untuk kalah. Itu sudah jelas. Kami tidak akan bermain untuk seri. Kami akan mencoba untuk menang, tetapi itu akan sangat sulit bagi kami," tukasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pelatih #filipina #puji #tangan #dingin #shin #yong #besut #timnas #indonesia #hampir #level #macan #asia

KOMENTAR