Palestina Ukir Sejarah Pertama Kalinya Lolos Round 3 Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Segera Menyusul?
Para pemain Timnas Palestina. [Yasser Al-Zayyat / AFP]
05:30
8 Juni 2024

Palestina Ukir Sejarah Pertama Kalinya Lolos Round 3 Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Segera Menyusul?

Timnas Palestina mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia, setelah hasil imbang tanpa gol melawan Lebanon pada matchday 5 Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di kandang sementara mereka di Qatar, Kamis (6/6/2024) malam WIB.

Ini pertama kalinya Timnas Palestina bisa menembus fase lanjut Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Meski negaranya dibombardir oleh militer Israel, dan tak bisa berkandang di negara sendiri, Singa Canaan --julukan Timnas Palestina-- tetap tampil kuat dan sudah mengumpulkan 7 poin di Grup I.

Pada pertandingan kemarin, Palestina hanya butuh hasil imbang untuk lolos dan berhasil mencapainya meskipun Lebanon bermain kasar dan mendapatkan tujuh kartu kuning.

Hasil ini juga memastikan tempat Palestina di Piala Asia yang akan digelar 2027 mendatang di Arab Saudi.

Baca Juga: Persaingan Panas Pos Bek Kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Singgung Calvin Verdonk dan Pratama Arhan

Cetak Sejarah

Timnas Palestina sebelumnya telah mencatat sejarah dengan mencapai fase gugur Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada awal tahun 2024 ini, meski negaranya diblokade dan digenosida oleh Israel di Gaza.

Para pemain menghadapi situasi sulit, sering kali was-was, sehingga sulit fokus di lapangan.

Menjelang Piala Asia Januari lalu, striker Mahmoud Wadi menerima kabar bahwa sepupunya dibunuh di Gaza. Beberapa pemain lain juga kehilangan orang terdekat akibat blokade Israel.

Beberapa pemain, termasuk Ibrahim Abuimeir, Ahmed Kullab dan Khaled Al Nabris tidak dapat bergabung dengan tim karena terjebak di Gaza sejak November tahun lalu.

Baca Juga: Selalu Kalah Telak di Toulon Cup, Fokus Indra Sjafri Cuma Satu untuk Timnas Indonesia U-20

Warga lainnya menghadapi kekerasan dari pemukim ilegal Israel di Tepi Barat.

Tapi, nyatanya para pemain tetap mampu profesional di atas lapangan hijau dan mengukir pencapaian yang tentunya sangat membanggakan untuk seluruh warga Palestina.

Setelah mencapai fase gugur Piala Asia, Timnas Palestina kini mampu menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pencapaian membanggakan itu bisa segera diikuti Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Andai mampu mengamankan kemenangan pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Filipina pada 11 Juni nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, skuad Garuda akan mencapai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia, untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #palestina #ukir #sejarah #pertama #kalinya #lolos #round #kualifikasi #piala #dunia #timnas #indonesia #segera #menyusul

KOMENTAR