Perolehan Poin FIFA Timnas Indonesia jika Kalahkan Filipina, Bisa untuk Katrol Posisi
Ekspresi penyerang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (nomor 11) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Irak di Jakarta, 6 Juni 2024. [BAY ISMOYO / AFP]
16:00
7 Juni 2024

Perolehan Poin FIFA Timnas Indonesia jika Kalahkan Filipina, Bisa untuk Katrol Posisi

Timnas Indonesia mengalami penurunan ranking FIFA pasca menelan kekalahan dari Irak, perbaikan poin pun diincar saat skuad Garuda menjamu Filipina.

Timnas Indonesia dipaksa menyerah oleh Irak meski bermain di kandang sendiri dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (6/6/2024), Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak.

Dua gol pasukan Singa Mesopotamia masing-masing dicetak Aymen Hussein lewat penaltinya menit ke-54 dan digandakan Ali Jassim menit ke-88.

Baca Juga: Pelatih Filipina Minta Dukungan Fans Vietnam Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kekalahan yang membuat ranking FIFA Timnas Indonesia melorot, dari peringkat 134 ke 136, skuad asuhan Shin Tae-yong kehilangan 5,7 poin.

Atau tepatnya saat ini mengoleksi 1,097.27 poin, namun raihan poin ini masih bisa diperbaiki Timnas Indonesia di laga pamungkas fase Grup F.

Saat menjamu Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024), kemenangan di laga ini bisa menaikkan peringkat FIFA skuad Garuda.

Poin yang didapat Timnas Indonesia jika bisa mengalahkan Filipina cukup besar, yakni 11,84 poin dan tentu raihan ini akan mengatrol posisi.

Belum diketahui di posisi mana Timnas Indonesia akan bertengger, karena harus menanti hasil di laga tim-tim lainnya.

Baca Juga: Bandingkan Unggahan Insta Story Justin Hubner dan Ayman Hussein, Netizen Nyinyir: Jalur Langit vs Jalur Eksklusif

Selain itu, Timnas Indonesia memang diharuskan meraih kemenangan atas Filipina di laga nanti, guna memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Satu kesempatan terakhir skuad asuhan Shin Tae-yong setelah gagal memanfaatkan peluang saat menjamu Irak kemarin.

Saat ini Indonesia mengoleksi tujuh poin, terpaut satu angka dari Vietnam di peringkat ketiga dengan raihan enam poin.

Timnas Indonesia bisa mengalami mimpi buruk jika Vietnam mampu mengalahkan Irak di laga terakhir, sementara hasil minor diraih saat menjamu Filipina.

Imbang atau bahkan kalah dari Filipina sama saja membuat jalan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 terhenti, karena itu menang jadi harga mati.

Shin Tae-yong tentu akan menurunkan skuad terbaiknya di laga ini, mengingat Filipina banyak diperkuat pemain naturalisasi.

Komposisi pemain The Azkals yang nyaris membungkam Vietnam di Hanoi, meski pada akhirnya kalah tipis 2-3.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perolehan #poin #fifa #timnas #indonesia #jika #kalahkan #filipina #bisa #untuk #katrol #posisi

KOMENTAR