Dahsyatnya Tekanan Timnas Indonesia Lawan Irak, Sampai Bikin Shin Tae-yong Stres
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
05:42
5 Juni 2024

Dahsyatnya Tekanan Timnas Indonesia Lawan Irak, Sampai Bikin Shin Tae-yong Stres

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dalam laga putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ekspektasi cukup  besar pada skuad Garuda dan tekanan dirasakan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024), dan lima hari kemudian akan bertemu dengan Filipina.

Saat ini timnas Indonesia duduk di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan mengemas tujuh poin. Artinya skuad Garuda hanya membutuhkan satu kemenangan untuk lolos ke putaran ketiga.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan minimal raihan 3 poin dari dua laga tersisa.

Baca Juga: Fenomena 'Cegil Fomo' Dianggap Positif Dongkrak Popularitas Timnas Indonesia

Tak heran ekspektasi fans Indonesia pun sangat besar kepada Shin Tae-yong. Apalagi melihat kekuatan Timnas Indonesia yang semakin mumpuni dengan masuk beberapa pemain naturalisasi.

Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes menjadi tiga pemain terakhir yang sudah dinaturalisasi. Sementara dua calon pemain naturalisasi lainnya segera menjadi WNI.

Shin Tae-yong memang telah membuat skuad Garuda menjadi tim kuat dan kompetitif. Terakhir pelatih asal Korea Selatan ini membawa Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024.

Skuad Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan Friendly Match antara Indonesia melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Skuad Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan Friendly Match antara Indonesia melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Timnas Indonesia membuat kejutan sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 2024. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan langsung bisa menembus babak semifinal.

Meski akhirnya kalah beruntun dalam perebutan tiket ke play-off Olimpiade Paris 2024. Namun, Shin Tae-yong tetap mendapat apresiasi tinggi dari penggemar timnas Indonesia.

Baca Juga: Drama Jelang Laga Timnas Indonesia vs Irak: Shin Tae-yong Dilarikan ke Rumah Sakit

Kini Shin Tae-yong telah mempersiapkan Timnas Indonesia senior untuk menghadapi dua laga krusial ini. Timnas Indonesia pun telah melakoni laga uji coba menghadapi Tanzania yang berakhir imbang tanpa gol.

Kini Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada Kamis (6/6/2024). Tekanan untuk menang di laga ini membuat STY dikabarkan sempat stres hingga membuat pelatih 53 tahun itu dibawa ke Rumah Sakit.

Hal ini seperti disampaikan oleh Managing Director PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) Marshal Masita. Marshal menyebut kondisi STY kini sudah membaik.

"Ini laga yang penting bagi timnas Indonesia. Shin Tae-yong sampai stres dan kemarin pagi di bawa ke rumah sakit karena dia merasakan tekanan," kata Marshal di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

"Saya bilang ke dia jangan stres. Tapi sekarang sudah gapapa. Kemarin sore kami sudah meeting dengan dia," jelas Marshal.

"Stresnya karena tekanan kita mau menang. Bagi dia lebih cepat lebih baik untuk menang dan kunci tiket ke putaran ketiga," jelasnya.

Irak memang bukanlah lawan yang mudah. Timnas Indonesia dan Irak telah berhadapan sebanyak 13 kali dalam berbagai ajang.

Irak superior dengan torehan delapan kemenangan, sementara Timnas Indonesia tercatat hanya mampu menang dua kali. Tentu saja dia atas kertas, Irak lebih diunggulkan pada laga ini.

Namun Timnas Indonesia tetap punya peluang menang di laga ini dan lebih cepat memastikan lolos ke putaran ketiga, apalagi skuad Garuda akan mendapat dukungan penuh dari suporter yang akan memenuhi di SUGBK.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #dahsyatnya #tekanan #timnas #indonesia #lawan #irak #sampai #bikin #shin #yong #stres

KOMENTAR