Bikin Lawan Bingung, Shin Tae-yong Pasang Taktik Unik Saat Lawan Tanzania
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melihat jalannya pertandingan Friendly Match antara Indonesia melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
23:30
2 Juni 2024

Bikin Lawan Bingung, Shin Tae-yong Pasang Taktik Unik Saat Lawan Tanzania

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sengaja membuat lawan bingung dengan mengacak nomor punggung pemain saat laga uji coba melawan Tanzania. Menurutnya, itu bisa membuat lawan bingung.

Timnas Indonesia bermain melawan Tanzania dengan skor akhir 0-0 dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/6/2024) sore. Laga ini dijadikan sebagai pemanasan sebelum partai sesungguhnya.

Seperti diketahui, Tim Merah Putih akan menghadapi Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) dalam dua laga terakhir Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Skuad Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan Friendly Match antara Indonesia melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Skuad Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan Friendly Match antara Indonesia melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Oleh karena itulah nomor punggung pemain diacak oleh STY supaya lawan bingung. Hampir semua pemain tidak menggunakan angka yang bisa dipakai.

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Tanzania: Nathan Tjoe-A-On Cadangan

"Memang sengaja dilakukan seperti itu agar lawan tidak gampang untuk menganalisis kami, seperti itu," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Lebih lanjut, STY memuji penampilan pemain-pemain muda Timnas Indonesia. Terutama mereka yang ikut serta dalam Piala Asia U-23 2024.

Menurutnya, mentalitas Marselino Ferdinan dan kawan-kawan semakin terbentuk. Shin Tae-yong yakin ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi.

"Untuk pemain muda, memang kemarin lolos ke semifinal (Piala Asia U-23 2024)," terang mantan juru taktik tim nasional Korea Selatan itu.

"Memang perubahan yang paling besar adalah mental, percaya diri, jadi kita bisa melakukan permainan kita lawan siapa pun, itu perubahan paling besar," pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Amunisi Baru, Ini 3 Pemain yang Bisa Dicoba saat Timnas Indonesia Hadapi Tanzania

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #bikin #lawan #bingung #shin #yong #pasang #taktik #unik #saat #lawan #tanzania

KOMENTAR