Fakta Miris Timnas Indonesia, Tak Ada Pemain di Skuad Piala Asia 2023 yang Pernah Bobol Vietnam
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
13:12
17 Januari 2024

Fakta Miris Timnas Indonesia, Tak Ada Pemain di Skuad Piala Asia 2023 yang Pernah Bobol Vietnam

Timnas Indonesia diikuti berbagai statistik minor jelang menghadapi Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1/2024) mendatang.

Salah satunya adalah fakta bahwa pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tidak ada yang pernah membobol gawang Vietnam di level senior.

Catatan itu jelas jadi lampu kuning bagi pelatih Shin Tae-yong, mengingat Timnas Indonesia butuh kemenangan untuk menjaga asa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Pertandingan akan berlangsung pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Laga ini bakal menentukan nasib kedua negara, setelah mereka sama-sama menderita kekalahan dalam matchday pertama Grup D.

Para pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFPPara pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP

Timnas Indonesia dihajar Irak 1-3, sementara Vietnam yang tampil mengejutkan pada akhirnya tumbang 2-4 dari raksasa Jepang.

Dalam beberapa pertemuan terakhir, Timnas Indonesia selalu kesulitan ketika bersua Vietnam. Apalagi, faktanya di skuad Timnas Indonesia saat ini belum ada yang pernah bobol gawang Vietnam di level senior.

Pemain Indonesia terakhir yang mencetak gol ke gawang Vietnam adalah Irfan Bachdim. Sang pemain mencetak gol saat Vietnam menang 3-1 atas Timnas Indonesia di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 15 Oktober 2019.

Marselino Ferdinan Saat Sukses Menjebol Gawang Irak. (pssi.org)Marselino Ferdinan Saat Sukses Menjebol Gawang Irak. (pssi.org)

Setelah itu, timnas Indonesia menjalani empat laga tanpa mampu mencetak gol ke gawang Vietnam. Namun, ada seorang pemain yang bisa jebol Vietnam di tim nasional kelompok umur.

Dia adalah Marselino Ferdinan. Eks pemain Persebaya Surabaya itu dua kali cetak gol ke gawang Vietnam.

Marselino Ferdinan merupakan bagian dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia mencetak gol ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan SEA Games 2023 lalu.

Sebaliknya, Vietnam memiliki tiga pemain yang sudah pernah menjebol gawang Timnas Indonesia di level senior. Mereka adalah Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, dan Do Duy Manh.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #miris #timnas #indonesia #pemain #skuad #piala #asia #2023 #yang #pernah #bobol #vietnam

KOMENTAR