Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Fakhri Husaini selama Tangani Timnas Indonesia, Jauh Banget
Kolase Shin Tae-yong vs Fakhri Husaini. (Dok. PSSI)
21:06
9 Mei 2024

Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Fakhri Husaini selama Tangani Timnas Indonesia, Jauh Banget

Belakangan ini, mantan pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini, kembali menjadi sorotan setelah mengomentari kiprah Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Bagaimana perbandingan prestasi dua pelatih ini?

Fakhri Husaini merupakan salah satu pelatih lokal yang punya catatan mentereng saat mengasuh Timnas Indonesia di level junior. Sementara Shin Tae-yong juga sudah memperlihatkan pekerjaan istimewa ketika menangani Timnas Indonesia.

Belakangan, Fakhri Husaini masih belum mengakui bahwa prestasi Shin Tae-yong termasuk dalam kategori luar biasa. Sebab, masih harus ada piala atau gelar juara yang harus dipersembahkan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Jika Shin Tae-yong sudah bisa membawa Timnas Indonesia juara, minimal di ajang Piala AFF, Fakhri Husaini baru akan mengakui bahwa eks pelatih Timnas Korea Selatan itu prestasinya termasuk excellent alias luar biasa.

Lalu, bagaimana perbandingan prestasi antara Shin Tae-yong dengan Fakhri Husaini selama keduanya bertugas di bawah naungan PSSI? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Prestasi Fakhri Husaini

Sebetulnya, tugas yang diemban Fakhri Husaini sebagai pelatih tim nasional berlangsung cukup lama. Namun, semua pekerjaan yang dijalani eks pemain Timnas Indonesia ini hanya berada di level junior.

Fakhru Husaini pernah menangani Timnas Indonesia U-14 pada 2014. Setelah itu, dia dipercaya mengasuh Timnas Indonesia U-16 pada 2014-2018. Yang terakhir, Fakhri menukangi Timnas U-19 pada 2019-2020.

Hasilnya, pelatih asal Lhokseumawe Aceh itu berhasil mempersembahkan gelar juara bersama Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2018. Ketika itu, Bagus Kahfi dan kawan-kawan sukses angkat trofi di Thailand.

Fakhri juga sempat membawa anak asuhnya lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Sayangnya, ini pekerjaan terakhir bagi Fakhri bersama PSSI karena dia menolak tawaran menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong.

Prestasi Shin Tae-yong

Sementara itu, Shin Tae-yong menjadi pelatih yang punya kesuksesan besar bersama Timnas Indonesia, di berbagai kelompok usia, mulai dari U-19, U-23, hingga senior. Yang pertama, dia membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Di level yang sama, STY sukses mengantarkan anak asuhnya lolos ke Piala Asia 2023 untuk pertama kali dalam 15 tahun terakhir. Di kejuaraan ini pula, dia sukses mengantarkan anak asuhnya lolos ke babak 16 besar.

Ini merupakan pencapaian yang besar bagi Garuda. Sebab, untuk pertama kali dalam sejarah, Timnas Indonesia bisa lolos dari fase grup. Kiprahnya tak hanya berhenti di situ. Sebab ada pencapaian mentereng di Timnas U-23.

Dari segi prestasi, STY sukses membawa Timnas U-23 menjadi runner-up Piala AFF U-23 2023. Di ajang SEA Games 2021, dia ikut membantu Garuda Muda meraih medali perunggu.

Timnas U-23 juga dibawa lolos ke Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kali dalam sejarah. Dalam partisipasi pertamanya itu, Garuda Muda langsung membuat gebrakan karena bisa melaju hingga semifinal.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #prestasi #shin #yong #fakhri #husaini #selama #tangani #timnas #indonesia #jauh #banget

KOMENTAR