Puji Penampilan Timnas Indonesia di Gelaran Piala Asia U-23, Eks Pelatih Malaysia Sudah Ramal Sejak Tahun 2013 Silam
Marselino Ferdinan saat membela Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Korea Selatan (the-afc.com)
23:42
5 Mei 2024

Puji Penampilan Timnas Indonesia di Gelaran Piala Asia U-23, Eks Pelatih Malaysia Sudah Ramal Sejak Tahun 2013 Silam

Walau dicaci di negeri sendiri usai gagal merebut peringkat ketiga di gelaran Piala Asia U-23, namun penampilan Timnas Indonesia banjir pujian di negeri jiran.

Yap, sejumlah pundit Malaysia dalam beberapa kesempatan mengaku geleng-geleng kepala melihat Timnas Indonesia yang menjelma menjadi tim kuat di gelaran Piala Asia U-23.

Keterkejutan para pengamat bola di Malaysia itu bisa jadi wajar, sebab Timnas Indonesia yang tampil sebagai debutan tak diunggulkan sama sekali di ajang bergengsi tersebut.

Terlebih, tim besutan Shin Tae-yong menghuni grup neraka bersama tuan rumah Qatar, Australia hingga Jordania yang secara ranking jauh di atas skuat Garuda.

Tapi nyatanya Rizki Ridho dkk berhasil melampaui ekspektasi bahkan dari target yang telah dibebankan oleh PSSI sekalipun.

Timnas Indonesia berhasil mengukir sejarah dengan menembus babak semifinal meski kemudian harus keok di perembutan tempat ketiga saat menghadapi Irak.

Menariknya penampilan Timnas Indonesia yang menjelma sebagai tim kuat itu sudah sejak jauh hari diramal oleh mantan pelatih Timnas Malaysia Ong Kim Swee.

Sosok yang disebut sebagai Mourinho-nya Malaysia itu menyebut gelagat bahwa Timnas Indonesia merupakan raksasa asia yang sedang bersiap untuk bangkit sudah terlihat sejak ia menukangi Malaysia di tahun 2013 silam.

Ia menyebut Indonesia, Thailand dan sejumlah negara ASEAN lainnya telah menunjukkan tanda-tanda bahwa sepak bolanya akan maju pesat.

Terbukti, Timnas Indonesia dan juga Thailand berhasil menempatkan para pemain mudanya sebagai tumpuan utama di skuat masing-masing.

"Ini masalah sudah lama dibahas ketika saya masih bersama Timnas Malaysia U-23. Saya ingat saat itu kita kalah dan pada 2015 juga kalah. Saya sudah mengatakan bahwa kita harus waspada tidak hanya dengan Indonesia dan Thailand yang punya level yang tinggi tapi tim lain seperti Kamboja hingga Laos juga membaik," terangnya seperti dikutip dari channel YouTube Harimau Malaya, Minggu (5/5/2024).

Pelatih yang mengantarkan Timnas Malaysia meraih emas di Sea Games 2011 itupun meminta agar Malaysia ke depan ini harus meniru apa yang sudah dilakukan oleh tim-tim ASEAN yang kini tengah maju pesat seperti Indonesia dengan menggelar program terpadu, berkesinambungan dan regenerasi yang baik.

"Kalau kita lihat program Timnas Indonesia itu diberi waktu yang banyak bagi para pemain yang tengah ikut kompetisi untuk berlatih bersama timnasnya. Regenerasi mereka juga baik dan juga para pemain timnasnya diberi kesempatan uji coba dengan tim-tim yang baik di atas peringkat mereka, ini yang perlu dilakukan oleh kita saat ini. Jadi tidak mendadak persiapannya," imbuhnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #puji #penampilan #timnas #indonesia #gelaran #piala #asia #pelatih #malaysia #sudah #ramal #sejak #tahun #2013 #silam

KOMENTAR