Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 jika Kalah dari Irak, Tinggal Satu Cara
Bek Indonesia Muhammad Ferarri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol yang kemudian dianulir setelah tinjauan VAR saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]
15:36
30 April 2024

Syarat Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 jika Kalah dari Irak, Tinggal Satu Cara

Jalan terjal Timnas Indonesia U-23 menuju Olimpiade Paris 2024, usai dipastikan gagal menyegel satu tiket otomatis lewat final Piala Asia U-23 2024.

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 membuat jalan skuad Garuda Muda ke Olimpiade Paris 2024 cukup terjal.

Timnas Indonesia U-23 setidaknya masih memiliki dua cara untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2023, pertama dengan mengalahkan Irak.

Kemudian cara kedua terjadi jika Indonesia kalah dari Irak, Timnas Indonesia akan bermain di play-off melawan Guinea dan pemenang akan lolos ke Olimpiade.

Kedua cara ini sama-sama membawa Timnas Indonesia U-23 berada di grup sulit dengan lawan yang tidak main-main di fase grup Olimpiade Paris.

Jika mampu mewujudkan syarat pertama dengan mengalahkan Irak, maka Indonesia akan tergabung d Grup B Olimpiade Paris 2024.

Di mana dalam grup tersebut sudah menanti Argentina, Maroko dan Ukraina sebagai calon lawan yang harus dihadapi Indonesia.

Tentu ini bukan grup yang sehat, kemudian jika merujuk syarat kedua dengan mengalahkan Guinea di play-off, Indonesia akan tergabung di Grup A.

Lawan-lawan di Grup A juga bukan tim-tim remeh temeh, di Grup A Olimpiade Paris 2024 dihuni tuan rumah, Prancis, kemudian Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Terlepas dari itu, fokus Shin Tae-yong saat ini tentu dicurahkan untuk laga terakhir di Piala Asia U-23 2024 melawan Irak.

Irak kalah dari Jepang dengan skor 2-0, tim ini juga keteteran saat melawan Vietnam di perempat final dengan hanya menang 1-0.

Satu gol yang didapat Irak juga berasal dari titik putih alias penalti, peluang untuk menang di laga ini terbuka untuk Indonesia.

Asalkan tidak gugup dalam bermain seperti yang diperlihatkan pemain ketika gol ke gawang Uzbekistan dianulir VAR.

Timnas Indonesia U-23 perlu bangkit, membuktikan jika skuad Garuda Muda tak pantang menyerah demi tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sayangnya di laga melawan Irak nanti Indonesia harus kehilangan sang kapten, Rizky Ridho, yang terkena kartu merah di semifinal.

Kartu merah yang penuh kontroversi dan terkesan mengada-ada, keputusan Shen Yinhao wasit asal China ini membuat gelombang protes bermunculan.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #syarat #timnas #indonesia #lolos #olimpiade #2024 #jika #kalah #dari #irak #tinggal #satu #cara

KOMENTAR