Pandit Sepak Bola Korsel Puji STY Pelatih Super, Timnas Indonesia U-23 Ancaman Nyata yang Wajib Ditakuti
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Suara.com/Alfian Winanto]
20:00
24 April 2024

Pandit Sepak Bola Korsel Puji STY Pelatih Super, Timnas Indonesia U-23 Ancaman Nyata yang Wajib Ditakuti

Meski bukan unggulan, Timnas Indonesia U-23 wajib diwaspadai oleh tim favorit, Timnas Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ini karena faktor Shin Tae-yong (STY), pelatih Timnas Indonesia U-23 yang notabene berkebangsaan Korsel. 

Kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 memang menuai banyak pujian. Timnas Indonesia sukses melaju ke perempatfinal Piala Asia U-23 untuk pertama kali dengan menyandang status debutan.

Di fase grup, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong sukses mengalahkan tim kuat, Australia dengan skor 1-0. Bahkan, Yordania juga dilibas 4-1 oleh Garuda Muda.

Skuat Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Yordania U-23 (pssi.org)Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)

Satu-satunya kekalahan diderita dari tuan rumah turnamen, Qatar dengan skor 1-2 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024, itu pun ada kontroversi.

Timnas Indonesia U-23 melaju dengan status runner-up Grup A berbekal 6 poin. Nah, lawan yang akan dihadapi  di babak perempat final adalah Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Pandit sepak bola kenamaan Korsel, Park Moon-seong, mengatakan jika efek STY di bangku pelatih sangat masif buat Timnas Indonesia U-23.

Ia menyebut Indonesia sejatinya tak perlu ditakuti oleh tim muda Taegeuk Warriors --julukan Timnas Korea Selatan. Rekor pertemuan pun memihak Negeri Ginseng.

Akan tetapi, hadirnya Shin Tae-yong membuat Timnas Indonesia U-23 sama sekali tak bisa lagi diremehkan.

"Awalnya, sebenarnya Indonesia bukanlah sesuatu yang kami takuti. Indonesia, jika Anda bertanya pada fans sepak bola, Anda mungkin mengira Indonesia bukanlah lawan sepadan bagi Korea,” kata Park, dikutip dari YTN, Rabu (24/4/2024).

“Namun, mengapa kami mulai begitu takut? Karena kehadiran Shin Tae-yong. Ini sama seperti Vietnam yang berubah pesat sejak kehadiran Park Hang-seo. Sepak bola Indonesia juga berubah sejak kedatangan Shin Tae-yong,” sambungnya.

"Shin Tae-yong pelatih super, dia juga pernah membawa timnas kami di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia pelatih level dunia. Karena itu, Indonesia kini ancaman nyata buat Korea. Mereka wajib ditakuti, tapi bukan berarti kami harus inferior, jauh dari itu," celoteh Park. 

Tak lupa, sang pengamat mengingatkan Timnas Korea Selatan U-23 untuk berjuang keras.

Timnas Korea Selatan U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar. [K JAAFAR / AFP]Timnas Korea Selatan U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024 Qatar. [K JAAFAR / AFP]

Rekor lima kemenangan tanpa kekalahan yang diraih di level U-23, wajib dipinggirkan dulu agar tak terlena saat menghadapi Timnas Indonesia U-23.

“Ada banyak pemain yang pandai mengolah bola sehingga (Korea Selatan) harus berjuang dan melupakan lima kemenangan. Anda harus mempersiapkan diri secara matang," tandasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #pandit #sepak #bola #korsel #puji #pelatih #super #timnas #indonesia #ancaman #nyata #yang #wajib #ditakuti

KOMENTAR