Yordania Dihabisi 1-4, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024
Pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman saat menjebol gawang Yordania (dok. PSSI)
00:42
22 April 2024

Yordania Dihabisi 1-4, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Yordanoa dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Minggu (22/4/2024) malam WIB. Hasil kemenangan ini membuat Garuda Muda dipastikan lolos ke babak delapan besar.

Gol Timnas Indonesia U-23 dicetak brace Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman serta Komang Teguh. Sedangkan Yordania karena bunuh diri Justin Hubner.

Hasil kemenangan ini memastikan Timnas Indonesia U-23 menemani Qatar ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. Ini menjadi sejarah tersendiri bagi tim Merah Putih sebagai debutan melangkah ke perempat final.

Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman berselebrasi usai Timnas Indonesia U-23 cetak gol ke gawang Yordania (Dok. PSSI).Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman berselebrasi usai Timnas Indonesia U-23 cetak gol ke gawang Yordania (Dok. PSSI).

: Witan Sulaeman Cetak Gol Indah! Timnas Indonesia U-23 Unggul atas Yordania 2-0 di Babak Pertama

Jalannya pertandingan

Tiga menit pertandinga brjalan Timnas Indonesia U-23 mendapat peluang. Rafael Struick tembakannya bisa ditepis oleh kiper Yordania.

Sepuluh menit pertandingan berjalan, Timnas Indonesia U-23 menguasai permainan. Tekanan terus dilancarkan, namun tak belum menjadi sebuah gol.

Menit 13 Timnas Indonesia U-23 kembali mendapat peluang emas. Umpan sangat baik dari Fajar Fathur Rahman gagal disundul dengan baik oleh Struick.

Timnas Indonesia U-23 mendapat hadiah penalti pada menit ke-20 setelah Rafael Struick dijatuhi di kotak terlarang. Marselino Ferdinan yang dipercaya sebagai algojo dengan tenang memasukkan bole ke dalam gawang. Skor 1-0!

Sampai dengan menit ke-30 Timnas Indonesia U-23 masih tampil agresif. Yordania bermain sabar mengandalkan serangan balik.

Witan Sulaeman hampir membuat Timnas Indonesia U-23 unggul 2-0. Itu andai tembakan free-kick tidak melambung di atas mistar gawang.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-40. Umpan Marselino ditembak langsung oleh Witan Sulaeman.

Sepakan Witan yang melengkung deras tak mampu ditepis kiper Yordania. Skor 2-0 buat Timnas Indonesia U-23.

Tidak ada lagi gol sampai turun minum. Timnas Indonesia U-23 sementara unggul 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua Yordania semakin tampil agresif. Ketinggalan 0-2 membuat mereka tampil terbuka dengan harapan bisa memperkecil ketertinggalan.

Sampai dengan menit ke-65 belum ada gol lagi tercipta. Yordania lebih banyak menguasai permainan, sedangkan Timnas Indonesia U-23 menunggu untuk counter-attack.

Marselino Ferdinan mencetak brace pada menit ke-69. Umpan terobosan Pratama Arhan diterima Witan.

Kemudian, Witan mengoper bola kepada Marselino yang kemudian ditembak ke gawang. Skor 3-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Yordania memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3. Tembakan pemain Yordania membentur kaki Justin Hubner yang malahan masuk ke dalam gawang.

Timnas Indonesia U-23 menambah keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-86. Berawal dari lempatan jauh Arhan, Komang Teguh mencatatkan namanya di papan skor.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Timnas Indonesia U-23 bantai Yordania 4-1.

Susunan pemain

Yordania (4-4-2): Ahmad Juaidi; Danial Ahmed, Arafat Haj Ibrahim, Amer Rasem, Faisal Adel; Mohannad Abu Taha, Aref Haitham, Sief Addeen Darmis, Aon Abbaas; Bashaar Aldiabat, Baker Kamal.

Pelatih: Abdullah Abu Jema.

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1): Ernando Ari; Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho; Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Fajar Fahthur Rahman, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #yordania #dihabisi #timnas #indonesia #lolos #babak #besar #piala #asia #2024

KOMENTAR