Jadi Tim Paling Lemah di Grup D Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia Tak Akan Main Bertahan Saja
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (pssi.org)
12:48
15 Januari 2024

Jadi Tim Paling Lemah di Grup D Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia Tak Akan Main Bertahan Saja

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan timnya tidak akan bermain bertahan saja di Piala Asia 2023. Meski jika dilihat dari ranking FIFA, skuad Garuda menjadi paling lemah di antara kontestan lain di Grup D.

Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Nah skuad Garuda menjadi tim yang paling tidak diunggulkan bisa melangkah ke babak berikutnya.

Banyak yang meyakini bahwa Timnas Indonesia akan tampil bertahan di Piala Asia 2023. Terlebih ketika bersua lawan yang lebih kuat seperti Jepang atau Irak.

Shin Tae-yong mengatakan jika hanya fokus bertahan Timnas Indonesia tidak akan berkembang. Ia akan berusaha mencari celah agar bisa menyerang serta mencetak gol.

"Meskipun ranking FIFA kami hampir jadi yang paling rendah dari 24 peserta di kompetisi ini, kalau kami cuma bermain di belakang dan fokus pada pertahanan, saya pikir sepak bola Indonesia tidak akan berkembang. Kami tidak akan bisa berkembang," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga melawan Irak, Minggu (14/1/2024).

Shin Tae-yong menambahkan bahwa Timnas Indonesia saat ini memakai strategi sepak bola modern. Dari mulai kiper, bek, dan striker harus bisa membangu serangan dari belakang.

"Kami ingin mengikuti kecenderungan sepak bola modern itu. Jadi kami mencoba mengikutinya, dengan bukan hanya berfokus pada pertahanan, melainkan juga fokus pada build-up dan lain-lain," jelas STY.

"Taktik kami ini berfokus pada upaya mengembangkan sepak bola Indonesia, bukan semata-mata tertuju pada hasil," tutupnya.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB. Laga pertama tentu sangat penting raihan tiga poin.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jadi #paling #lemah #grup #piala #asia #2023 #shin #yong #pastikan #timnas #indonesia #akan #main #bertahan #saja

KOMENTAR