3 Sorotan Proliga 2024 - Euforia Megawati Ancam Bandung BJB, Jakarta LavAni Bidik Rekor Sakral
Opposite Jakarta Pertamina Fastron Megawati Hangestri Pertiwi saat menerima smash dari pemain Gresik Petrokimia dalam pertandingan final four Proliga 2023 di GOR Tri Dharma Gresik, Jumat (24/2/2023). 
20:40
3 April 2024

3 Sorotan Proliga 2024 - Euforia Megawati Ancam Bandung BJB, Jakarta LavAni Bidik Rekor Sakral

- Ada tiga sorotan utama bakal menghiasi pagelaran Proliga 2024 yang mulai menggulirkan kompetisi 25 April. Satu di antaranya euforia Megawati yang mengancam misi Bandung BJB Tandamata untukl pecahkan rekor Jakarta Elektrik PLN.

Sebagaimana diketahui, Proliga 2024 akan berlangsung di 9 Kota dan dijadwalkan menggelar grand final 21 Juli di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Euforia Proliga 2024 semakin semarak karena dipastikan Megawati Hangestri Pertiwi ambil bagian di kompetisi kasta tertinggi bola voli Indonesia. Megawati bergabung dengan Jakarta BIN.

Kendati demikian, dua tim favorit juara Proliga 2024, Bandung BJB Tandamata dan Jakarta LavAni memiliki kepentingan di tengah euforia Megawati yang baru saja kembali dari Liga Voli Korea Selatan.

Berikut ulasan sorotan Proliga 2024 yang dirangkum redaksi Tribunnews dari berbagai sumber.

1. Euforia Megawati Hangestri Pertiwi

Tidak bisa dipungkiri nama Megawati semakin harum di jagad pervolian Indonesia. Kiprah menawan yang diperlihatkan pevoli berusia 24 tahun ini di Liga Voli Korea, mengundang banyak atensi, khususnya volimania Tanah Air.

Dengan bergabungnya Megawati ke Jakarta BIN, euforia sekaligus ekspektasi tinggi tertuju kepada pevoli yang musim 2023/2024 menghantarkan Red Sparks finis di posisi 3 Liga Voli Putri Korea.

Hanya saja untuk merubah euforia menjadi gelar juara Proliga 2024 bukanlah hal yang gampang. 

Benar Jakarta BIN bermaterikan pemain kelas wahid seperti Wilda Nurfadhilah, Ratri Wulandari hingga Arneta Putri Amelian.

Namun jika berbicara soal pengalaman, Jakarta BIN bisa dibilang newbie, karena tidak memiliki rekam jejak yang apik di Proliga.

Mentok, Jakarta BIN pada Proliga 2023 mengakhiri kejuaraan di babak final four.

2. Jakarta LavAni Allo Bank di Ambang Sejarah

LavAni, tim voli putra milik Presiden RI ke-6, Susilo bambang Yudhoyono, menjelma menjadi kekuatan menakjubkan di peta persaingan bola voli Tanah Air.

Sejak menjalani debut di Proliga 2022, Jakarta LavAni di musim pertamanya langsung menggaransi gelar juara. Prestasi tersebut kembali diulang pada Proliga 2023 setelah mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi di laga final.

Lantas sejarah apa yang bisa dibuat oleh tim besutan Nicholas Vives pada Proliga 2024?

LavAni bisa menjadi tim voli putra pertama yang meraih gelar juara Proliga tiga kali beruntun alias hattrick.

Sejauh ini Samator merupakan tim voli putra tersukses dengan raihan 6 titel juara Proliga. Namun untuk raihan hattrick kampiun, tim voli asal Jawa Timur ini belum pernah melakukannya.

3. Bandung BJB Tandamata Pecahkan Rekor Elektrik PLN

Tim voli putri asal Kota Kembang, Bandung BJB Tandamata juga menunjukkan konsistensi dalam hal prestasi.

Dua titel juara Proliga musim 2022-2023 menjadi bukti sahih dominasi Bandung BJB Tandamata. Menariknya, tim kesayangan D'Blue ini dapat memecahkan rekor juara yang dipegang Jakarta Elektrik PLN.

Elektrik PLN merupakan satu-satunya tim putri yang meraih titel juara Proliga tiga musim beruntun, 2015, 2016 dan 2017.

Andai Bandung BJB Tandamata kembali merajai Proliga 2024, maka rekor Elektrik PLN resmi ambyar.

Akan tetapi misi tersebut tak akan mudah terealisasi karena90 persen peta kekuatan Bandung BJB Tandamata mengalami perombakan.

Tim yang diarsiteki Alim Suseno ini banyak diperkuat pemain muda seperti Khalisa Azilia, Syelomitha, Calista Maya hingga Salsabila Dara.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #sorotan #proliga #2024 #euforia #megawati #ancam #bandung #jakarta #lavani #bidik #rekor #sakral

KOMENTAR