Bayang-bayang Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 Berpotensi Bikin Sejarah Manis di Piala Asia U-23 2024
Selebrasi timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (pssi.org)
13:06
1 April 2024

Bayang-bayang Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 Berpotensi Bikin Sejarah Manis di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 untuk pertama kali dalam sejarah akan tampil di putaran final Piala Asia U-23 yang tahun ini akan berlangsung di Qatar. Skuad Garuda Muda dinilai punya kesempatan menciptakan sejarah manis.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, berharap Timnas Indonesia U-23 bisa mendapatkan pencapaian bagus di Piala Asia U-23 demi lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Sebagai informasi, Piala Asia U-23 2024 merupakan ajang kualifikasi menuju Olimpiade 2024 untuk negara-negara Asia. Tim peringkat tiga teratas akan lolos otomatis, sementara satu semifinalis bakal mengikuti babak playoff.

"Ada kesempatan sejarah yang bisa kita lakukan sama-sama, untuk pertama kalinya, bukan tidak mungkin, kalau kita fight untuk coba tembus Olimpiade," ujar Erick dalam pertemuan bersama pelatih Shin Tae-yong dikutip dalam unggahan video akun @erickthohir, Senin (1/4/2024).

Erick Thohir menegaskan PSSI tidak berpuas diri meski Timnas Indonesia belum lama ini berhasil menjuarai SEA Games 2023 lalu.

Dia berharap Marselino Ferdinan dan kawan-kawan masih terus termotivasi untuk mencatatkan sejarah yang lebih besar untuk Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)

"Siapa yang pernah buat sejarah sama-sama kita kemarin di SEA Games? Mau buat sejarah lagi?" kata Erick Thohir.

"Saya pernah bilang kepada kalian waktu sebelum main SEA Games, kalau mata kalian bisa melihat mereka di lapangan seperti waktu itu kita melihat Thailand dan Vietnam, sama kalian juga lihat mereka, saya yakin kita tidak kalah dengan mereka," ujarnya.

Meski ada peluang Timnas Indonesia setidaknya bisa finis empat besar pada Piala Asia U-23 2024, Erick Thohir mengakui butuh perjuangan besar untuk bisa mencapainya.

"Tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin (lolos Olimpiade)," pungkas Erick.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A pada Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Skuad Garuda Muda dijadwalkan menghadapi Qatar pada 15 April sebelum menghadapi Australia tiga hari berselang. Setelahnya, Timnas Indonesia U-23 akan memainkan laga terakhir fase grup kontra Yordania pada 21 April mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bayang #bayang #olimpiade #2024 #timnas #indonesia #berpotensi #bikin #sejarah #manis #piala #asia #2024

KOMENTAR