Kim Sang Sik, Orang Dekat Shin Tae-yong Dijagokan Jadi Pelatih Timnas Vietnam, Seberapa Hebat Dia?
Para Pemain Timnas Vietnam foto bersama sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
07:18
31 Maret 2024

Kim Sang Sik, Orang Dekat Shin Tae-yong Dijagokan Jadi Pelatih Timnas Vietnam, Seberapa Hebat Dia?

Kim Sang Sik, pelatih berkebangsaan Korea Selatan, sedang menjadi perbincangan hangat setelah kabar mengenai usahanya melamar posisi pelatih timnas Vietnam menyebar.

Meskipun muncul belakangan ini, namun Kim Sang Sik telah menjadi sorotan sebagai calon terkuat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Philippe Troussier yang baru saja dipecat.

Kim Sang Sik, yang pernah menjadi bawahan Park Hang Seo di timnas Korea Selatan, telah mengajukan lamaran kepada Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) untuk menggantikan Troussier.

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (thathaovanhoa.vn)Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (thathaovanhoa.vn)

"Kim Sang Sik bisa dibilang sebagai kandidat kuat. Namun, proses pencarian pelatih baru untuk Vietnam baru saja dimulai. VFF masih harus mempertimbangkan lebih banyak pilihan," tulis media Vietnam, Soha.

Pelatih berusia 47 tahun itu memiliki pengalaman yang cemerlang dalam memimpin Jeonbuk Hyundai Motors, salah satu tim elit Korea Selatan, selama lebih dari dua musim.

Dalam karirnya di Jeonbuk, Kim Sang Sik berhasil meraih gelar juara K-League dan Piala FA Korea, membuat namanya tercatat dalam sejarah klub sebagai orang pertama yang sukses meraih gelar tersebut sebagai pemain, asisten, dan pelatih kepala.

Komite Tetap VFF dan Dewan Pelatih Nasional awalnya mendukung penunjukan pelatih Asia untuk posisi tersebut, mengutamakan pemahaman sepak bola Asia Tenggara dan kesamaan budaya.

Meskipun demikian, proses pemilihan pelatih baru untuk Vietnam masih dalam tahap awal, dengan VFF harus mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum membuat keputusan akhir.

VFF tengah aktif mencari pelatih baru setelah mengakhiri kerjasama dengan Troussier, yang dipecat beberapa jam setelah kekalahan telak 0-3 dari Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #sang #orang #dekat #shin #yong #dijagokan #jadi #pelatih #timnas #vietnam #seberapa #hebat

KOMENTAR