3 Fakta Menarik yang Disorot Media AS usai Timnas Indonesia Bantai Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
21:42
28 Maret 2024

3 Fakta Menarik yang Disorot Media AS usai Timnas Indonesia Bantai Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

Maret 2024 menjadi bulan yang mengecewakan bagi perwakilan Asia Tenggara dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, karena hampir semua tim dari wilayah tersebut mengalami kekalahan.

Tercatat, cuma Timnas Indonesia yang menjadi satu-satunya tim ASEAN yang sukses meraih kemenangan bahkan dalam dua laga beruntun di periode tersebut.

Skuad Garuda mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dan 3-0 dalam lanjutan grup F. Keberhasilan itu pun mendapat sorotan dari media Amerika Serikat, ESPN.

1. Diprediksi Lolos Putaran Ketiga

Skuat timnas Indonesia saat hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)Skuat timnas Indonesia saat hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)

ESPN menyoroti bahwa skuad yang dilatih oleh Shin Tae-yong memiliki peluang besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ini karena Timnas Indonesia memiliki kendali atas nasibnya sendiri dalam mencapai putaran ketiga, dengan hanya butuh satu kemenangan dari dua pertandingan tersisa di Grup F.

"Meskipun Indonesia mungkin kalah dalam pertandingan berikutnya melawan Irak pada 6 Juni, mereka masih memiliki kendali penuh atas nasib mereka," tulis ESPN.

"Kemenangan atas Filipina dalam pertandingan pamungkas akan cukup untuk memastikan kemajuan ke tahap selanjutnya, yakni kualifikasi Piala Dunia, serta otomatis memperoleh tempat di Piala Asia 2027."

2. Penghibur Wakil ASEAN

Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026. [BAY ISMOYO / AFP]Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026. [BAY ISMOYO / AFP]

ESPN tetap meragukan potensi Timnas Indonesia untuk menjadi kekuatan dominan di Asia Tenggara dalam beberapa tahun mendatang.

Meski begitu, Timnas Indonesia saat ini masih menjadi tim dengan peluang terbaik untuk melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dengan kemenangan back-to-back atas Vietnam, Timnas Indonesia dinilai telah menjadi penghibur dari hasil muram yang didapat wakil-wakil ASEAN lainnya bulan ini.

"Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Indonesia sebelum mereka bisa menyandang gelar sebagai tim terdepan di wilayah ini," demikian tulis ESPN.

"Namun, mereka tetap menjadi kandidat terkuat untuk melaju ke fase berikutnya dalam kualifikasi Asia - terutama setelah malam yang pahit bagi sepak bola Asia Tenggara pada hari Selasa," tambahnya.

3. Pendekatan Timnas Indonesia Dipuji

Pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta berselebrasi setelah menjebol gawang Vietnam di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta berselebrasi setelah menjebol gawang Vietnam di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)

ESPN memberikan apresiasi besar terhadap pencapaian Timnas Indonesia pada bulan ini dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Di tengah malam yang mungkin akan dilupakan oleh kawasan ini, Indonesia pantas diapresiasi atas keberanian mereka dalam menyampaikan pendapat, bahkan jika pendapat itu berbeda dengan yang lain," demikian kesimpulan dari ESPN.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #menarik #yang #disorot #media #usai #timnas #indonesia #bantai #vietnam #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR