5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di My Dinh, Trio Naturalisasi Bersinar!
Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) saat berlebrasi usai sukses bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).
22:12
26 Maret 2024

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di My Dinh, Trio Naturalisasi Bersinar!

Kemenangan telak Timnas Indonesia atas Vietnam dalam matchday keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melahirkan berbagai catatan menarik.

Timnas Indonesia berhasil menghancurkan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB dengan skor 3-0.

GOl-gol tim asuhan Shin Tae-yong dicetak oleh Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (24') dan Ramadhan Sananta (90+7').

Kemenangan ini setidaknya melahirkan lima fakta menarik. Berikut ulasannya.

1. Pemain Naturalisasi Bersinar

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes usai berhasil bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh Stadium (Dok. PSSI).Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes usai berhasil bobol gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh Stadium (Dok. PSSI).

Tiga pemain naturalisasi menunjukkan kehebatannya dalam laga ini. Selain Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen yang mencetak gol, terdapat juga nama Thom Haye.

Thom Haye merupakan otak dari gol pembuka Timnas Indonesia yang dicetak Idzes. Dia mencatatkan assist lewat umpan sepak pojok akurat.

Hal itu membuat Thom dan Ragnar sama-sama memberi kontribusi gol dalam laga debutnya bersama Timnas Indonesia.

2. Timnas Indonesia Lebih Dekat ke Putaran Ketiga

Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman saat berhadapan dengan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman saat berhadapan dengan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia lebih dekat untuk mengunci tiket lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hasil ini membuat skuad Garuda untuk sementara menduduki urutan dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin dari empat pertandingan.

Secara matematis, tim Merah Putih cuma butuh tambahan tiga poin dari dua laga sisa untuk mengunci posisi dua besar yang merupakan syarat melangkah ke babak selanjutnya.

Dalam dua matchday terakhir Grup F, Timnas Indonesia akan berstatus tim kandang saat menjamu Filipina dan Irak.

3. Akhiri Puasa Kemenangan 20 Tahun di My Dinh

Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan saat berduel dengan kapten Vietnam Do Hung Dung dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh Stadium (Dok. PSSI).Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan saat berduel dengan kapten Vietnam Do Hung Dung dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh Stadium (Dok. PSSI).

Timnas Indonesia untuk kali pertama dalam kurang lebih 20 tahun terakhir berhasil meraih kemenangan atas Vietnam di Stadion My Dinh.

Ini merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia atas Vietnam di stadion tersebut sejak kali terakhir melakukanya pada 11 Desember 2004.

Dalam kemenangan terakhir, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-0 dalam fase grup Piala AFF 2004.

Saat itu, gol-gol skuad Garuda dicetak Mohammad Mauly Lessy (19'), Boas Solosa (21') dan Ilham Jaya Kesuma (45').

4. Ranking FIFA Melonjak

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di SUGBK pada Kamis, 21 Maret 2024 (pssi.org)Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di SUGBK pada Kamis, 21 Maret 2024 (pssi.org)

Ranking FIFA Timnas Indonesia melesat tajam setelah mengalahkan Vietnam dalam matchday keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Menyitat proyeksi laman Football-Ranking, kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia mendapat tambahan 14,67 poin.

Tambahan poin itu membuat skuad Garuda kini mengumpulkan 1.102,7 poin. Jumlah itu diprediksi bakal membuat Timnas Indonesia naik dari peringkat 139 menjadi peringkat 135.

Andai proyeksi itu benar, Timnas Indonesia hanya berada satu strip di bawah Malaysia yang saat ini menduduki peringkat 134 dengan 1.103,9 poin.

Bahkan, skuad Garuda berpeluang untuk melewati ranking FIFA Malaysia andai tim Asia Tenggara itu kalah dari Oman dalam matchday keempat Grup D putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia malam ini.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #menarik #timnas #indonesia #permalukan #vietnam #dinh #trio #naturalisasi #bersinar

KOMENTAR