Philippe Troussier Ternyata Hobi Kalah dari Timnas Indonesia Bahkan Sebelum Latih Vietnam
Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (dok. pssi.org)
20:54
22 Maret 2024

Philippe Troussier Ternyata Hobi Kalah dari Timnas Indonesia Bahkan Sebelum Latih Vietnam

Timnas Indonesia terus menjadi momok bagi pelatih Philippe Troussier setelah menggantikan Park Hang-seo sebagai juru taktik Vietnam.

Sejauh ini, Troussier sudah tiga kali beruntun dikalahkan Timnas Indonesia di lintas kelompok umur berbagai kompetisi.

Teranyar, Timnas Vietnam asuhannya harus bertekuk lutut saat bertandang ke markas Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, Vietnam takluk 0-1 dari skuad Garuda.

Satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut dicetak Egy Maulana Vikri pada awal babak kedua yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti buah dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Hasil tersebut semakin memperburuk catatan Philippe Troussier ketika berjumpa Timnas Indonesia. Dalam dua laga sebelumnya, The Golden Star Warriors juga tak berkutik dari tim Merah Putih.

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Usai Mencetak Gol ke Gawang Vietnam. (pssi.org)Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Usai Mencetak Gol ke Gawang Vietnam. (pssi.org)

Pada pertemuan pertama, Troussier harus melihat Timnas Vietnam U-22 dikalahkan Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafrie dengan skor 2-3 di semifinal pada 13 Mei 2023.

Setelahnya, giliran pelatih Shin Tae-yong yang mempecundangi Timnas Vietnam asuhan Troussier pada fase grup Piala Asia 2023 pada awal tahun ini.

Dalam pertandingan di Qatar itu, Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 melalui gol penalti Asnawi Mangkualam.

Jika digali lebih dalam, Troussier nyatanya memang tak punya catatan bagus saat berjumpa Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 69 tahun tersebut tercatat juga sempat dikalahkan skuad Garuda ketika memimpin Qatar.

Timnas Qatar secara mengejutkan takluk dari Indonesia dengan skor 1-2 dalam fase grup Piala Asia 2024 pada 18 Juli 2004 silam sebagaimana menyitat data Transfermarkt.

Rekor Philippe Troussier vs Timnas Indonesia

  • 18/07/2004 Qatar 1-2 Timnas Indonesia
  • 13/05/2023 Timnas Indonesia U-22 3-2 Vietnam U-22
  • 19/01/2024 Vietnam 0-1 Timnas Indonesia
  • 21/03/2024 Timnas Indonesia 1-0 Vietnam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #philippe #troussier #ternyata #hobi #kalah #dari #timnas #indonesia #bahkan #sebelum #latih #vietnam

KOMENTAR