Potensi Lonjakan Ranking FIFA Timnas Indonesia Andai Dua Kali Mengalahkan Vietnam, Terus Naik di Era STY
Para pemain Timnas Indonesia. [HECTOR RETAMAL / AFP]
09:54
20 Maret 2024

Potensi Lonjakan Ranking FIFA Timnas Indonesia Andai Dua Kali Mengalahkan Vietnam, Terus Naik di Era STY

Timnas Indonesia berpotensi terus melonjak naik di ranking FIFA andai berhasil mengalahkan Vietnam dua kali di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bulan Maret ini. Setidaknya ada tujuh negara yang bisa dilewati Indonesia.

Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong (STY) akan dua kali menghadapi Vietnam di matchday 3 dan 4 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Skuad Garuda akan lebih dulu menjamu sang rival di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Kamis (21/3/2024) besok pukul 20:30 WIB, sebelum lima hari kemudian giliran Vietnam yang jadi tuan rumah di Hanoi.

Jika menang dua kali lawan Vietnam, maka Indonesia akan meraup 30,74 poin tambahan di ranking FIFA dan bakal memiliki total 1,103.40 poin.

Jumlah 1,103.40 poin tersebut berpotensi membuat Timnas Indonesia melonjak hingga tujuh peringkat, dari peringkat 142 dunia saat ini ke ranking 135.

Turkmenistan menjadi negara paling dekat yang akan digusur Indonesia. Mereka saat ini menghuni posisi 141 dunia di ranking FIFA.

Turkmenistan juga akan dua kali melakoni pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, mereka akan dua kali melawan Iran, tim raksasa Asia.

Kemudian, ada Filipina di posisi 139 dunia. Rival Timnas Indonesia di Grup F ini akan dua kali melawan Irak. Besar kemungkinan Filipina kehilangan poin dari dua laga tersebut.

Di bawah Filipina, ada Burundi di posisi 140 dunia. Di jeda internasional Maret ini, negara Afrika itu akan menghadapi Madagaskar dan Botswana dalam dua laga ke depan.

Tak ketinggalan, ada Kuwait, bahkan tiga tim Eropa yakni Lithuani, Latvia, hingga Kepulauan Faroe yang bisa saja digeser Indonesia usai jeda internasional FIFA bulan ini.

Memang menarik menanti permutasi di peringkat FIFA nanti. Yang pasti, tentu Timnas Indonesia mengincar hasil positif di laga back-to-back lawan Vietnam, sembari berharap tim-tim terdekat di atas mereka saat ini di ranking FIFA terjungkal.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #potensi #lonjakan #ranking #fifa #timnas #indonesia #andai #kali #mengalahkan #vietnam #terus #naik

KOMENTAR