Masalah Akut, Fisioterapis Timnas Indonesia Blak-blakan Sebut Pemain Belum Punya Fisik Dasar Bagus
Skuad Timnas Indonesia di Ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)
17:54
4 Maret 2024

Masalah Akut, Fisioterapis Timnas Indonesia Blak-blakan Sebut Pemain Belum Punya Fisik Dasar Bagus

Fisiotrapis timnas Indonesia, Asep Azis mengungkapkan masalah akut yang dialami skuad Garuda. Sebab, pemain disebut belum punya fisik dasar yang bagus.

Hal ini diungkapkan oleh Asep ketika wawancara dengan Hasani Abdulgani di YouTube. Imbas fisik dasar yang belum bagus ini berisiko dengan cederanya para pemain.

"Dengan pengalaman saya di timnas, banyak yang masuk ke timnas mereka sebenarnya belum memiliki dasar fisik yang bagus," ucap Asep.

"Jadi kalau saya melihatnya, satu sisi dari aspek saya sebagai fisioterapis, risiko cedera bisa lebih tinggi karena mereka punya badan ini sebetulnya tidak siap dibawa bermain di level yang lebih tinggi," sambungnya.

Bahkan Asep mengatakan bahwa pemain tidak maksimal ketika melakukan sejumlah latihan sederhana untuk meningkatkan kondisi fisi. Misalnya latihan itu terbilang sederhana, seperti sit up atau push up.

Menurut Asep, hal ini seharusnya sudah dibiasakan sejak kecil. Bukan dilakukan ketika pemain mendapatkan panggilan ke timnas.

"Menurut saya, harus bukan hanya ketika mereka masuk ke timnas, tapi sejak masih kecil mereka sudah harus bisa. Namun, di kita terlalu banyak mitos, padahal sebenarnya tidak seperti itu," kata fisioterapis timnas ini.

Bahkan di era sepak bola modern ini, kebutuhan fisik para pemain juga berbeda. Misalnya penyerang dan bek memiliki kebutuhan sendiri.

"Berbicara soal latihan fisik, dulu kita berpikir latihan fisik itu tim. Satu tim berlatih bersama supaya fisiknya meningkat, tapi kebutuhannya sekarang semakin spesifik," beber Asep.

"Beda posisi beda kebutuhannya. Posisi pemain belakang, gelandang, striker pasti akan berbeda kebutuhan fisiknya. Dulu indikator kita selalu berbicara Vo2Max. Kalau lihat sekarang, kekuatan otot, daya tahan otot, stabilitas otot itu menjadi penting," pungkasnya.

Editor: Arif Budi

Tag:  #masalah #akut #fisioterapis #timnas #indonesia #blak #blakan #sebut #pemain #belum #punya #fisik #dasar #bagus

KOMENTAR