Diremehkan di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tak Serendah Peringkat FIFA
Shin Tae-yong menatap optimis fase grup Piala Asia 2023 (pssi.org)
13:36
12 Januari 2024

Diremehkan di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tak Serendah Peringkat FIFA

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menolak timnya diremehkan di Piala Asia 2023 jika berkaca dari ranking FIFA. Ia menjelaskan kekuatan tim Merah Putih tidak serendah peringkat FIFA.

Timnas Indonesia memang menjadi salah satu kontestan Piala Asia 2023 dengan ranking FIFA terendah. Oleh karena itu, banyak yang meragukan skuad Garuda bisa bersaing dengan tim-tim lainnya.

Apalagi, Timnas Indonesia berada di Grup D yang diisi oleh Irak, Jepang, dan Vietnam. Cuma Vietnam yang dianggap bisa disaingi tim Merah Putih sedangkan Irak dan Jepang sangat sulit.

Menanggapi hal tersebut Shin Tae-yong meminta anak asuhannya untuk tidak ambil pusing perihal ranking FIFA. Ia ingin Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampil berani dalam pertandingan.

"Saya mengatakan kepada para pemain, peringkat FIFA hanyalah angka. Saya rasa kekuatan Timnas Indonesia tidak serendah itu,” kata Shin Tae-yong dilansir dari Donga, Jumat (12/1/2024).

"Saya sering mendorong para pemain untuk percaya pada diri mereka sendiri dan tidak takut melakukan kesalahan," sambung juru formasi asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong akan berusaha membawa Timnas Indonesia sejauh mungkin di Piala asia 2023. Untuk pertama fokusnya adalah menyentuh babak 16 besar.

Shin Tae-yong mengaku Timnas Indonesia punya keuntungan tersendiri karena ranking FIFA rendah. Skuad Garuda tidak punya beban berlebih di kejuaraan.

"Tujuannya adalah babak 16 besar. Jika lolos ke babak 16 besar, kami akan fokus melaju ke perempatfinal," terang Shin Tae-yong.

"Saya berencana untuk mempersiapkan turnamen ini dengan mengambil langkah demi langkah. Saya tidak akan khawatir tentang peringkat FIFA. Sebaliknya, peringkat yang lebih rendah meringankan beban saya dan para pemain," pungkasnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #diremehkan #piala #asia #2023 #shin #yong #timnas #indonesia #serendah #peringkat #fifa

KOMENTAR