5 Bintang Asia yang Dikalahkan Yakob Sayuri dalam Perebutan Assist Terbaik di Piala Asia 2023
Yakob Sayuri (kanan) saat berlaga di ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)
12:24
28 Februari 2024

5 Bintang Asia yang Dikalahkan Yakob Sayuri dalam Perebutan Assist Terbaik di Piala Asia 2023

Winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri, sukses mengalahkan deretan pemain bintang Asia dalam perebutan gelar Assist of the Tournament Piala Asia 2023 yang dihelat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Ada beberapa nama pemain dengan reputasi mentereng yang sebetulnya masuk dalam nominasi penghargaan ini. Namun, nama-nama tenar tersebut nyatanya sukses disingkirkan Yakob Sayuri.

"Assist terbaik di turnamen Piala Asia 2023 yang dipilih oleh fans kami," tulis AFC di media sosialnya, Selasa= (27/2/2023).

Assist Yakob Sayuri yang dimaksud ialah ketika Timnas Indonesia berjumpa Irak. Pada laga itu, pemain asal PSM Makassar ini sukses mengolongi Ali Adnan, lalu melepaskan umpan silang yang dikonversi menjadi gol oleh Marselino Ferdinan.

Berikut Suara.com menyajikan nama-nama pemain bintang dunia yang dikalahkan oleh Yakob Sayuri dalam perebutan Assist of the Tournament di Piala Asia 2023.

1. Ali Saleh (Uni Emirat Arab)

Pemain Timnas Uni Emirat Arab, Ali Saleh, juga pernah menghasilkan salah satu assist terbaik di Piala Asia 2023 saat umpan melengkungnya berhasil ditanduk oleh Vakhdat Khanonov.

Sayangnya, gol ini tak lantas membuat UEA menang atas Palestina. Sebab, tim lawan berhasil menyamakan skor lewat Khalifa Al-Hammadi pada menit ke-90+5.

2. Sardar Azmoun (Iran)

Pemain bintang Timnas Iran, Sardar Azmoun, sempat membuat assist yang luar biasa ketika bertanding melawan Jepang pada babak perempat final Piala Asia 2023. Pemain AS Roma itu mengirimkan umpan terobosan kepada Mohammad Mohebi.

Ada beberapa pemain bertahan Jepang yang tak mampu mengantisipasi umpan tersebut. Pada laga ini, satu assist tersebut turut membantu Iran menumbangkan Jepang 2-1 dan lolos ke semifinal.

3. Ritsu Doan (Jepang)

Pemain bintang Timnas Jepang, Ritsu Doan, sempat membuat banyak orang terpukau ketika dia menciptakan assist indah pada laga melawan Timnas Indonesia di fase penyisihan grup.

Umpan mendatarnya sukses melewati kaki-kaki pemain Indonesia dan disambar oleh Ayase Ueda hingga menjadi gol kedua Samurai Biru pada laga ini.

4. Seol Young-woo (Korea Selatan)

Bek kanan Timnas Korea Selatan, Seol Young-woo, juga berhasil mencatatkan salah satu assist terbaik di Piala Asia 2023. Momen itu tepatnya terjadi pada babak 16 besar melawan Arab Saudi.

Momen ini bermula ketika dia menerima eksekusi bola mati dari rekannya. Young-woo lantas menanduk bola tersebut dan dikonversi menjadi gol oleh kepada Cho Gue-sung. Gol ini terhitung dramatis karena tercipta pada menit ke-90+0.

5. Akram Afif (Qatar)

Salah satu assist terbaik pada Piala Asia 2023 ini pernah diukir oleh pemain Timnas Qatar, Akram Afif. Assist tersebut dicetak pemain berusia 27 tahun ini saat mengeksekusi sepak pojok pada laga melawan China.

Tak seperti biasanya, Akram Afif justru mengirimkan umpan menuju area luar kotak penalti. Umpan ini pun langsung disambar dengan sepakan keras oleh Hasan Al-Haydos.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #bintang #asia #yang #dikalahkan #yakob #sayuri #dalam #perebutan #assist #terbaik #piala #asia #2023

KOMENTAR