Hasil Liga Champions: Penalti Luuk de Jong Batalkan Kemenangan Dortmund atas PSV
Bek PSV Eindhoven, Jordan Teze (Kiri) dan gelandang Borussia Dortmund, Marius Wolf berebut bola selama laga babak 16 besar Liga Champions 2023-2024 antara PSV Eindhoven vs Borussia Dortmund di Stadion Philips, di Eindhoven pada tanggal 20 Februari 2024. JOHN MU / AFP.
07:18
21 Februari 2024

Hasil Liga Champions: Penalti Luuk de Jong Batalkan Kemenangan Dortmund atas PSV

Duel PSV Eindhoven melawan Borussia Dortmund dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2023-2024 harus rampung tanpa pemenang.

Dalam laga yang berlangsung di Philips Stadion, Eindhoven, Rabu (21/2/2024) dini hari WIB itu, PSV menahan imbang tamunya dengan skor 1-1.

Borussia Dortmund berhasil unggul lebih dulu dalam laga ini. Mereka mencetak gol pembuka melalui Donyel Malen saat laga berjalan 24 menit.

Donyell Malen menerima bola di dalam kotak penalti, dia menyadari dirinya dalam posisi yang bagus, dan kemudian melepaskan sebuah tembakan yang memantul masuk melewati kiper PSV Walter Benitez.

PSV baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua. Mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-54 setelah bek Dortmund Mats Hummels melakukan tekel sembrono di kotak terlarang.

Wasit Srdjan Jovanovic meniup peluitnya pertanda pelanggaran namun tidak mengeluarkan kartu dari kantongnya untuk kejadian kali ini. Wasit menunjuk ke titik putih yang berarti hadiah penalti untuk PSV.

Luuk de Jong selaku eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan. Dia sukses memasukkan bola ke sudut kiri bawah gawang, bola berhasil lewati Alexander Meyer yang coba melompat untuk menghentikan bola.

Setelah kedudukan imbang 1-1, Dortmund habis-habisan mencari gol untuk merestorasi keunggulan. Tercatat, terdapat peluang besar yang mereka ciptakan meski pada akhirnya gagal mengubah skor.

Donyell Malen hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-61. Dia berhasil mendapatkan bola hasil tendangan sudut di dalam kotak penalti, namun sayang tembakannya melenceng tipis ke atas gawang.

Sementara pada menit ke-72, Marius Wolf membuka ruang untuk dirinya sendiri di sekitar titik penalti dan menyambut sebuah umpan dari tendangan bebas.

Sundulan akuratnya dapat saja masuk ke sudut kanan bawah gawang, namun kiper Walter Benitez berhasil lakukan refleks penyelamatan luar biasa dengan meninju bola hingga hanya membentur tiang gawang.

Hasil imbang ini membuat PSV dan Dortmund masih harus ekstra waspada dalam memainkan leg kedua di Signal Iduna Park, Jerman pada 14 Maret mendatang.

Susunan pemain PSV vs Dortmund

PSV (4-3-3): Benitez; Dest, Boscagli, Schouten, Teze; Saibari (83' Mauro), Veerman, Tillman; Lozano (75' Pepi), Bakayoko, De Jong

Pelatih: Peter Bosz

DORTMUND (4-2-3-1): Meyer; Maatsen, Schlotterbeck, Hummels, Ryerson; Can, Sabitzer; Sancho (68' Wolf), Malen (82' Ozcan), Reus (62' Brandt); Fullkrug (82' Moukoko)

Pelatih: Edin Terzic

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #liga #champions #penalti #luuk #jong #batalkan #kemenangan #dortmund #atas

KOMENTAR