Piala Asia 2023: Vietnam Diuntungkan, Jepang Potensi Minus Pilar Utama
Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, bereaksi di pinggir lapangan pada laga persahabatan internasional melawan Uruguay di National Stadium, Tokyo, pada 24 Maret 2023.(AFP/YUICHI YAMAZAKI)
17:43
11 Januari 2024

Piala Asia 2023: Vietnam Diuntungkan, Jepang Potensi Minus Pilar Utama

- Timnas Vietnam berpotensi dapat keuntungan setelah timnas Jepang mengalami kendala dengan kebugaran para pemainnya jelang pertemuan kedua tim di Grup D Piala Asia 2023.

Partai Piala Asia 2023 Jepang vs Vietnam akan bergulir pada Minggu (14/1/2024) di Stadion Al Thumama, Doha.

Kedua tim akan bermain sehari lebih cepat ketimbang partai pembuka Timnas Indonesia yang akan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Senin (15/1/2024).

Jepang mempersiapkan diri ke turnamen dengan menggelar dua laga uji coba yang bergulir dengan sukses.

Pertama, mereka menghancurkan Thailand 5-0 pada hari pergantian tahun. Kemudian, tim yang turun tanpa diperkuat banyak pemain utama mereka mengalahkan Jordan 6-1.

Kemenangan lawan Jordan terhitung impresif mengingat mereka unggul 4-0 lebih dulu lawan tim peringkat ke-87 dunia tersebut walau tanpa kehadiran beberapa pemain tim utama seperti Kaoru Mitoma, Wataru Endo, Takefusa Kubo, dan Takehiro Tomiyasu.

Setelah laga, media Vietnam, Bongda, mengutarakan bahwa pemain-pemain yang disebut di atas mengalami masalah fisik dan kemungkinan absen saat menghadapi negara mereka pada laga pembuka.

Namun, pelatih Jepang Hajime Moriyasu mengutarakan bahwa absensi para pilar tim utama itu tak masalah bagi keseimbangan timnya.

"Para pemain tersebut telah menunjukkan level di masa lalu sehingga kehadiran mereka sangat berharga," tuturnya seusai laga lawan Jordan, dikutip dari Bongda.

"Namun, jika ada yang absen, akan selalu ada yang menggantikannya."

"Seluruh tim sudah siap dan siap bertarung untuk meraih kemenangan."

"Kami tidak akan menghentikan apa yang bisa kami lakukan." tutur sang pelatih.

"Saya harap mereka bisa pulih dan berkontribusi sesegera mungkin tapi tidak perlu terburu-buru. Kami tidak terburu-buru."

Jepang punya rekor impresif sepanjang 2023-2024 dengan memenangi 10 laga beruntun.

Hasil-hasil ini termasuk kemenangan besar 4-1 lawan timnas Jerman, 6-0 lawan El Salvador, 4-1 lawan Peru, 4-2 lawan Turki, dan 4-1 lawan Kanada.

Endo dkk datang ke Piala Asia 2023 dengan ranking FIFA tertinggi dari semua partisipan lain (17) dan pemegang rekor empat gelar juara.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada laga terakhir grup, 24 Januari 2024.

Tag:  #piala #asia #2023 #vietnam #diuntungkan #jepang #potensi #minus #pilar #utama

KOMENTAR