Teknologi VAR Akan Dijajal di EPA Sebelum Resmi Dipakai Babak Championship Liga 1 Musim 2023/24
Seorang petugas broadcast yang kameranya terhubung dengan ruang VAR, tampak di sampingnya terdapat kamera yang menjadi instrumen teknologi VAR dalam uji coba penggunaan VAR oleh PT LIB di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024). 
17:10
17 Pebruari 2024

Teknologi VAR Akan Dijajal di EPA Sebelum Resmi Dipakai Babak Championship Liga 1 Musim 2023/24

- Babak championship Liga 1 2023/24 akan menjadi titik pertama kehadiran Teknologi pembantu wasit (VAR) di Indonesia.

Teknologi VAR akan terlebih dulu dijajal dalam kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-20, sebelum nantinya dipakai pada kompetisi kasta pertama di Indonesia.

Babak championship atau semifinal yang berasal dari empat tim teratas di klasemen akhir itu sendiri akan dimulai pada Mei 2024.

"Di elite pro academy, ada beberapa trial juga yang lagi kami pikirkan, karena memang kami membutuhkan beberapa kali trial. Trial yang resminya itu, itu tanggal 7 (Maret), Elite Pro Academy U-20, kemudian ada beberapa trial-trial lagi," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

"Karena memang kami lagi menyesuaikan juga dengan jadwal istruktur dari FIFA, tanggal 1 sampai dengan tanggal 8 (Maret)," sambungnya.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Ratu Tisha, mengatakan bahwa uji coba yang dilakukan ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman para wasit atau perangkat pertandingan yang nantinya petugas.

"Sebelum resmi diluncurkan, kami akan melakukan dua trial competition. Sehingga ini harus benar-benar matang kami persiapkan," ungkap Ratu Tisha.

Diberitakan sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar uji coba penggunaan teknologi pembantu wasit (VAR) di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

Uji coba tersebut menjadi rangkaian persiapan operator Liga untuk menghadirkan VAR di kompetisi kasta pertama di sepak bola Indonesia.

Dalam uji coba tersebut, PT LIB mempertandingkan dua tim lokal untuk menjadi bagian dari percobaan teknologi pembantu wasit itu.

Pantauan Tribunnews di lokasi, ada delapan kamera yang digunakan di lapangan sebagai penyokong tayangan ke ruang VAR.

Pada sisi lapangan pertandingan pun terdapat satu layar monitor yang terdiri dari empat angle atau sisi tayangan yang berbeda. Layar tersebut tentunya digunakan oleh wasit yang memimpin laga untuk melihat ulang tayangan jika diperlukan.

Layar monitor yang menayangkan hasil kamera VAR dalam uji coba penggunaan VAR oleh PT LIB di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024). Layar monitor yang menayangkan hasil kamera VAR dalam uji coba penggunaan VAR oleh PT LIB di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024). (Tribunnews/Alfarizy Ajie)

Terdapat pula ruang VAR yang digunakan oleh AVAR dan Replay Operator (RO). Dalam uji coba itu, pertandingan pun dipimpin oleh wasit-wasit dan asisten wasit yang beroperasi di Liga 1.

Untuk diketahui, persiapan PT LIB bersma PSSI untuk menghadirkan VAR di Liga 1 ini sudah dimulai sejak tahun lalu dan melewatkan beberapa tahapan.

Mulai dari pelatihan sampai praktik langsung di lapangan pada hari ini. PT LIB bersama PSSI pun mempercayakan Hawkeye sebagai penyedia VAR dan jasa pelatihan wasit, yang juga telah memiliki pengalaman bersama FIFA.

Penggunaan teknologi pembantu wasit ini direncanakan akan dimulai pada babak Championships Liga 1 2023/24.

Pada babak empat besar tersebut, VAR dipastikan sudah bisa digunakan dan bukan lagi dalam masa uji coba atau percobaan.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #teknologi #akan #dijajal #sebelum #resmi #dipakai #babak #championship #liga #musim #202324

KOMENTAR