4 Pemain Keturunan Timnas Indonesia yang Diprediksi Absen Lawan Vietnam, Kurangi Kekuatan?
Thom Haye. (Dok. PSSI)
18:00
13 Pebruari 2024

4 Pemain Keturunan Timnas Indonesia yang Diprediksi Absen Lawan Vietnam, Kurangi Kekuatan?

Sederet pemain keturunan Timnas Indonesia diprediksi bakal absen melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, dua di antaranya imba DPR reses.

Timnas Indonesia disebut tidak akan diperkuat sejumlah pemain keturunan di laga melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Duel melawan Vietnam dalam lanjutan fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 digelar dua kali, tepatya pada 21 dan 26 Maret 2024.

Laga pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, sementara laga kedua digelar di Hanoi, Vietnam.

Persiapan Shin Tae-yong mungkin sedikit terganggu karena beberapa pemain keturunan yang urung bergabung dengan skuad Garuda.

Setidaknya ada 4 pemain keturunan yang dirasa bakal absen membela Timnas Indonesia melawan Vietnam di ajang ini.

Lantas siapa saja pemain keturunan yang dimaksud? berikut ini para pemain keturunan yang diprediksi absen di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen

Agak disayangkan memang jika kedua pemain ini gagal membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasalnya Haye dan Oratmangoen sangat mampu memberi perbedaan mencolok dari segi serangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Penyebab kedua pemain ini terancam absen di laga melawan Vietnam nanti karena proses naturalisasi keduanya tersendat agenda reses DPR.

Jadwal reses DPR mulai 7 Februari hingga 7 Maret 2024, dalam jangka waktu tersebut DPR tidak akan melakukan sidang paripurna.

Arya Sinulingga selaku Anggota Exco PSSI mengiyakan proses naturalisasi kedua pemain tersebut terganjal agenda reses DPR.

Maarten Paes

Lain halnya dengan kedua pemain di atas, Maarten yang digadang-gadang jadi kiper nomor satu Timnas Indonesia itu terganjal riwayat bermain.

Maarten Paes disebut telah membela Timnas Belanda U-21 di saat usianya sudah 22 tahun, hal ini sempat membuat geger publik Tanah Air.

Meski begitu, banyak pihak yang menilai jika ada detail kecil yang membuat proses naturalisasi Maarten Paes tidak terganggu dan jalan terus.

Berdasar statuta FIFA yang menyebut negara dengan tidak menggunakan sistem dwi kewarganegaraan tetap dapat menaturalisasi pemain.

Meski pemain tersebut sudah berusia 22 tahun dan telah membela tim nasional Belanda kategori U-21 di ajang resmi FIFA.

Lantas mengapa Maarten terancam absen di laga melawan Vietnam? selain karena alasan di atas juga karena agenda reses DPR.

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On hanya perlu sumpah WNI setelah proses naturalisasinya di DPR berjalan lancar, meski begitu sang pemain urung menampakkan batang hidungnya di Indonesia.

Hingga saat ini Nathan Tjoe-A-On tak juga datang ke Indonesia guna melakukan sumpah WNI, padahal rencana sebelumnya berbarengan dengan Jay Idzes.

Jika Nathan tak kunjung datang ke Indonesia dan melakukan sumpah WNI, bisa debutnya dipanggil Timnas Indonesia juga tertunda.

Termasuk laga melawan Vietnam mendatang, hal ini cukup disayangkan karena proses naturalisasinya hanya tinggal melalui satu tahap saja.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #keturunan #timnas #indonesia #yang #diprediksi #absen #lawan #vietnam #kurangi #kekuatan

KOMENTAR