Profil Hendrio Araujo, Pemain Jebolan La Masia yang Ngebet Dinaturalisasi Timnas Vietnam
Pemain Nam Dinh FC, Hendrio Araujo. (Instagram/@hendrio77araujo)
12:24
13 Februari 2024

Profil Hendrio Araujo, Pemain Jebolan La Masia yang Ngebet Dinaturalisasi Timnas Vietnam

Pemain asal Brasil, Hendrio Araujo, saat ini tengah mendambakan kesempatan untuk menjalani proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Vietnam. Selama beberapa tahun terakhir, dia memang berkarier di Negeri Paman Ho.

Setelah merasakan iklim sepak bola Vietnam, Hendrio Araujo menyampaikan keinginannya untuk bisa menjadi warga negara Vietnam melalui proses naturalisasi. Namun, berdasarkan regulasi FIFA, dia masih belum memenuhi syarat.

Sebab, pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia, ini masih harus menunggu setidaknya tiga tahun lagi dengan berkarier di Liga Vietnam agar bisa mewujudkan keinginannya tersebut.

"Ada beberapa persyaratan yang harus saya penuhi karena masing-masing negara punya kebijakan tertentu. Sebelumnya ada pemain asing yang berhasil dinaturalisasi di Vietnam,” kata Hendrio seperti dikutip dari Znews.vn.

“Kalau jadi nama pemain selanjutnya saya akan sangat senang. Namun, ketika saya berhasil menjadi warga negara yang dinaturalisasi, usia saya sudah memang tidak muda lagi," tambahnya.

Profil Hendrio Araujo

Pemain dengan nama lengkap Hendrio Araujo da Silva ini memang sudah nyaris tiga tahun berkarier di Liga Vietnam. Pada mulanya, dia bermain untuk Quy Nhon Binh Dinh pada 2021-2022.

Pada awal musim 2023, pemain berusia 29 tahun itu pindah ke Thep Xanh Nam Dinh. Sampai saat ini, dia bermain bersama klub yang berkompetisi di V League 1 alias kasta tertinggi Liga Vietnam.

Pemain kelahiran 16 Mei 1994 ini memang punya latar belakang yang cukup mentereng. Sebab, sejak berusia 12 tahun, Hendrio sudah bergabung dengan akademi Barcelona yang kerap disebut sebagai La Masia.

Dia berlatih di sana setidaknya hingga tahun 2012. Setelah itu, dia sempat belajar di sejumlah akademi Negeri Matador seperti Real Betis (2010-2013) hingga Recreativo de Huelva (2013-2015).

Kariernya di level profesional dimulai bersama klub kasta keempat Liga Spanyol, Atletico Onubense (2013-2014). Setelah itu, dai sempat pindah ke Liga Georgia saat direkrut Sioni pada 2015.

Setelah itu, dia pindah memperkuat klub kasta tertinggi Liga Portugal, Paços de Ferreira (2017-2018), dan kembali ke pelukan Atletico Onubense pada 2018. Kiprahnya memang tak cukup mentereng.

Sebab, dia hanya bisa memperkuat klub-klub kasta rendah seperti Fafe (2018-2019), Don Benito (2020), Moralo (2020), Calvo Sotelo (2020). Baru setelah itu, dia berkarier di Liga Vietnam pada 2021.

Salah satu pencapaian terbaiknya ialah membantu Binh Dinh FC meraih runner-up Piala Vietnam 2022. Sisanya, tak ada pencapaian yang membanggakan dari pemain kelahiran Sao Paulo itu.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #hendrio #araujo #pemain #jebolan #masia #yang #ngebet #dinaturalisasi #timnas #vietnam

KOMENTAR