Ancaman Vietnam! 4 Pilar Andalan Pulih, Siap Balas Dendam Lawan Timnas Indonesia
Pemain timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (nomor 22) bersama rekan-rekannya tengah merayakan gol ke gawang Indonesia pada semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam hari Senin (9/1/2023) malam waktu setempat. (Twitter/@theaseanball)
19:24
12 Pebruari 2024

Ancaman Vietnam! 4 Pilar Andalan Pulih, Siap Balas Dendam Lawan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia harus berhati-hati menjelang duel melawan Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, kubu lawan sudah menyiapkan agenda balas dendam.

Setelah berjumpa di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia memang dijadwalkan untuk kembali menghadapi Vietnam dalam dua pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Untuk pertandingan pertama, alias matchday ketiga di Grup F, skuad Merah Putih akan terlebih dahulu menjamu Vietnam di kandangnya pada 21 Maret 2024. Baru pada matchday ketiga yang berlangsung 26 Maret 2024, duel antara keduanya berlangsung di markas Vietnam.

Kekalahan pada fase grup Piala Asia 2023 tentu bakal memberikan motivasi tambahan bagi The Golden Star untuk membalaskan dendamnya. Apalagi, ada beberapa amunisi baru yang siap diterjunkan Philippe Troussier.

Menurut media asal Vietnam, Giatri, kekalahan yang dipetik The Golden Star pada Piala Asia 2023 tak terlepas dari absennya sejumlah pemain andalan seperti Dang Van Lam, Que Ngoc Hai, Nguyen Hoang Duc, hingga Nguyen Tien Linh.

Keempat pemain yang sudah sering menjadi andalan Timnas Vietnam itu diprediksi bisa kembali turun pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka tentu akan memberikan tambahan kekuatan.

Dang Van lam, misalnya, selama ini sudah menjadi pemain penting di bawah mistar gawang Timnas Vietnam. Philippe Troussier tentu akan mendapat opsi baru dengan hadirnya kiper tersebut.

Menurut Giatri, kemenangan atas Timnas Indonesia tak hanya menjadi ajang balas dendam saja bagi Timnas Vietnam. Sebab, jika mampu meraup hasil positif, The Golden Star memiliki peluang untuk lolos ke babak berikutnya.

“Sukses membalaskan dendam melawan Tim Garuda bakal membuat Golden Star Warriors memiliki peluang untuk lolos ke dari babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026,” bunyi ulasan Giatri.

Untuk saat ini, Timnas Vietnam masih berada di peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka meraup tiga poin dari dua pertandingan yang sudah berlangsung pada November 2023.

Pada pertandingan pertama, tim asal Negeri Paman Ho itu berhasil menggasak Filipina dengan skor telak 3-0. Namun, mereka harus gigit jari saat berjumpa Irak pada laga kedua karena kalah tipis 0-1.

Sementara itu, Timnas Indonesia sendiri masih menduduki posisi juru kunci. Dari dua pertandingan, anak asuh Shin Tae-yong tumbang 1-5 dari Irak, lalu ditahan imbang Filipina dengan skor 1-1.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #ancaman #vietnam #pilar #andalan #pulih #siap #balas #dendam #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR