Persiapkan Tim untuk Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025, Persani Kirim 4 Atlet ke Jepang
PB Persani berencana mengirimkan atlet ke Jepang untuk mematangkan persiapan jelang Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025. (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
16:20
16 Oktober 2024

Persiapkan Tim untuk Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025, Persani Kirim 4 Atlet ke Jepang

- Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) terus mempersiapkan tim Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025. Induk olahraga senam di Tanah Air itu berencana memberangkatkan empat atletnya ke Jepang.

Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati mengatakan, empat atlet tersebut terdiri dari dua putra dan dua putri. Mereka akan menjalani training camp atau pemusatan latihan di Jepang. 

Keempat atlet tersebut berasal dari Pelatnas PB Persani, yang saat ini menaungi sekitar 20 atlet, terdiri dari 10 putra dan 10 putri. "Saat ini kami sudah menyiapkan di list ya berdasarkan hasil PON kemarin yaitu 10 putra 10 putri," kata Ita dalam jumpa pers '1 Tahun Menuju Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025' di Kemenpora RI, Rabu (16/10).

"Namun pihak Kemenpora menyemakati untuk yang diberangkatkan ke Jepang itu adalah 2 putra, 2 putri," tambah Ita.

Ita menambahkan, keempat atlet tersebut bakal berangkat ke Jepang pada pertengahan November mendatang. Di sana, mereka akan dilatih oleh pelatih-pelatih profesional.

"Jadi, kami intensif berdiskusi dengan pihak Jepang Gymnastic Association. Dan mudah-mudahan dalam bulan November ke depan itu sudah kami bisa berangkatkan ke sana di Ajinomoto Training Center," ujar dia.

Sementara untuk atlet yang tidak diberangkatkan untuk menjalani training camp (TC) di luar negeri, kata Ita, akan tetap menjalani persiapan dan latihan di Indonesia. Mereka rencananya berlatih denyan memanfaatkan fasilitas training center Kemenpora khusus senam di Cibubur.

"Kemudian untuk yang lainnya akan dilatih di dalam negeri dengan pelatih dari Jepang juga. Insya Allah menurut informasi dari pihak Kemenpora bahwa pusat latihan gimnastik di Cibubur akan selesai akhir Desember," ungkap Ita.

Latihan intensif hingga pengiriman atlet ke Jepang sebagai tanda bahwa Persani menatap serius Kejuaraan Dunia Senam Artistuk 2025. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Di sisi lain, Ita sadar pihaknya tak akan memasang target tinggi di Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025. Sebab olah raga senam di Tanah Air masih berkembang.

Karena itu, Ita dan Persani menganggap ajang tersrbut sebagai trmpat pemanasan atau tes bagi para atlet Merah Putih. "Kami sudah sepakat dengan pihak Kemenpora bahwa World Championship ini merupakan ajang tes. Tes untuk kualifikasi bagi Indonesia sendiri," ujarnya.

"Karena target utama adalah tentunya (Olimpiade) 2028, target kami adalah kami harus lolos kualifikasi Olimpiade. Emggak cuma satu atlet, tapi mungkin juga mudah lebih dari satu," pungkas Ita.

 

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #persiapkan #untuk #kejuaraan #dunia #senam #artistik #2025 #persani #kirim #atlet #jepang

KOMENTAR