Timnas Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Uji Coba Jelang Piala Asia U-23 2024, Intip 3 Lawannya
Selebrasi Timnas Indonesia U-23 usai memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 (dok. pssi)
19:18
1 Februari 2024

Timnas Indonesia akan Jadi Tuan Rumah Uji Coba Jelang Piala Asia U-23 2024, Intip 3 Lawannya

Timnas Indonesia U-23 dilaporkan akan menjadi tuan rumah sebuah turnamen sebagai pemanasan jelang Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda disebut akan menghadapi Malaysia, Arab Saudi, dan Tajikistan.

Kabar tersebut disampaikan manajer Timnas Malaysia U-23, Datuk Seri Shahril Mokhtar. Dia menyebut turnamen ini akan berlangsung pada 18-26 Maret 2024.

Timnas Indonesia bersama Malaysia, Tajikistan dan Arab Saudi merupakan peserta Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Baca juga: Setahun 'Hilang', Persija Dapat Tambahan Personil Jelang Lanjutan Liga 1 Kontra Borneo FC

Turnamen persahabatan ini digelar dengan tujuan sebagai wadah persiapan keempat tim tersebut demi memberi hasil maksimal dalam ajang yang juga merupakan kualifikasi menuju Olimpiade 2024 Paris.

"Kami akan mengikuti turnamen empat penjuru yang dimulai pada 18 hingga 26 Maret dan turnamen ini sangat cocok untuk timnas (Malaysia) menjelang kick-off Piala Asia U-23 nanti," kata Datuk Seri Shahril Mokhtar dilansir dari Harian Metro, Kamis (1/2/2024).

“Saya memahami kemungkinan besar tim-tim seperti Arab Saudi dan Tajikistan juga akan berpartisipasi dalam kompetisi tersebut, namun keputusan akhir akan ditentukan oleh tuan rumah [Indonesia]."

Timnas Indonesia U-23 vs Taiwan (dok. pssi)Timnas Indonesia U-23 vs Taiwan (dok. pssi)

“Jika tim-tim yang terlibat ikut serta, saya melihat ini sebagai paparan awal yang sangat berguna sebelum kompetisi sebenarnya dimulai,” sambungnya.

Meski telah dibocorkan pihak Malaysia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi terkait hal itu.

Namun, Timnas Indonesia U-23 bisa dibilang memang butuh persiapan matang di luar training camp sebelum tampil di Piala Asia U-23 2024.

Adapun Malaysia punya target cukup tinggi dalam kejuaraan di Qatar nanti. Pasukan Muda Harimau Malaya ditargetkan menembus empat besar untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris, Prancis.

"Kami tahu target FAM adalah mencapai babak semifinal karena memberikan slot ke Olimpiade 2024 dan saya yakin skuad muda ini mampu melakukannya," tutupnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia diharapkan bisa lolos dari fase grup alias ke babak delapan besar. Ini merupakan kali pertama skuad Garuda ikut tampil di Piala Asia U-23.

Di ajang ini, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Grup ini akan menjadi ujian tersendiri bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #akan #jadi #tuan #rumah #coba #jelang #piala #asia #2024 #intip #lawannya

KOMENTAR