Pelatih Jepang Akui Belajar dari Timnas Indonesia usai Singkirkan Bahrain di 16 Besar Piala Asia 2023
Penyerang Jepang Ayase Ueda mencetak gol ketiga timnya ke gawang Bahrain di babak 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion al-Thumama di Doha pada 31 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP
16:36
1 Februari 2024

Pelatih Jepang Akui Belajar dari Timnas Indonesia usai Singkirkan Bahrain di 16 Besar Piala Asia 2023

Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu menyinggung peran Timnas Indonesia dalam keberhasilan Samurai Biru melangkah ke babak perempat final Piala Asia 2023.

Jepang sukses menyingkirkan Bahrain dalam laga babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (31/1/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Samurai Biru sukses mengalahkan Bahrain dengan skor 3-1 lewat gol-gol Ritsu Doan (31'), Takefusa Kubo (49') dan Ayase Ueda (72').

Sementara Bahrain sendiri berhasil mencetak satu gol lewat kesalahan koordinasi pemain di mana Ayase Ueda bikin gol bunuh diri saat ingin mengantisipasi bola liar pada di mulut gawang Zion Suzuki pada menit ke-64.

Menurut Hajime Moriyasu, kemenangan ini tak lepas dari usaha keras mereka mengevaluasi diri selama jeda usai melewati fase grup Piala Asia 2023.

"Kami memiliki enam hari untuk istirahat dan berlatih dengan sangat baik, kami mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk melawan Bahrain hari ini,” kata Hajime Moriyasu dikutip dari laman resmi AFC, Kamis (1/2/2024).

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu (kiri) bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam perhelatan Piala Asia 2023. [doc. AFC]Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu (kiri) bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam perhelatan Piala Asia 2023. [doc. AFC]

Lebih jauh, Moriyasu menjelaskan bahwa Jepang telah melakukan analisis untuk memberbaiki performa mereka pasca mengalahkan Timnas Indonesia dalam matchday terakhir Grup D pada 28 Januari lalu.

“Kami menganalisis diri kami sendiri setelah pertandingan melawan Indonesia dan kami memperbaiki beberapa hal. Kami bermain lebih baik hari ini,” kata Hajime Moriyasu.

“Saya kira performa hari ini belum 100 persen. Kami juga bisa meningkat untuk pertandingan berikutnya,” tambahnya.

Di babak perempat final, Jepang sudah ditunggu lawan kuat sesama calon juara Piala Asia 2023 yakni Iran. Iran ke perempat final usai menekuk Suriah lewat drama adu penalti.

Duel Jepang vs Iran di babak perempat final Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar pada Sabtu (3/2/2024) pukul 18.30 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pelatih #jepang #akui #belajar #dari #timnas #indonesia #usai #singkirkan #bahrain #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR