Sah! Bek Ikal Keturunan Maluku Siap Bela Timnas Indonesia, Sudah Latihan Bareng Thom Haye
Pemain keturunan Indonesia, Sem Dekkers. [Dok. Instagram/@semdekkers_]
14:42
9 Oktober 2024

Sah! Bek Ikal Keturunan Maluku Siap Bela Timnas Indonesia, Sudah Latihan Bareng Thom Haye

Pemain keturunan berdarah Maluku, Sem Dekkers membuka peluang untuk memperkuat Timnas Indonesia. Andai dilirik PSSI, kehadirannya bakal semakin meningkatkan persaingan di pos bek kiri skuad Garuda.

Sem Dekkers mengakui mau membela Timnas Indonesia dalam wawancara bersama YouTuber Yussa Nugraha dalam video yang tayang pada Rabu (9/10/2024) siang WIB.

"Iya tentu saya terbuka. Menurut saya tu akan sangat indah untuk bisa bermain untuk negara seperti itu [Timnas Indonesia]," kata Sem Dekkers.

"Saya pikir keluarga saya juga akan sangat senang. Saya rasa dari pihak ibuku juga senang. Jadi ya saya terbuka untuk itu."

Baca Juga: Kabar Bagus! Thom Haye Temukan Sentuhan Terbaiknya Jelang Timnas Indonesia Lawan Bahrain

Sem Dekkers mengakui dirinya punya darah Indonesia dari kakek dan nenek dari pihak ibu yang merupakan orang Maluku.

"Dari sisi ibu saya. Nenek dan kakek saya dua-duanya orang Maluku. Jadi ibu saya 100 persen orang Indonesia," kata Sem Dekkers.

"Jadi saya setengah Indonesia dan Belanda."

Menariknya, Sem Dekkers mengungkapkan bahwa pada awal musim ini dirinya sempat berlatih bersama gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye.

Seperti diketahui, Haye sempat berlatih ke klub lamanya, AZ Alkmaar untuk menjaga kondisi fisik ketika masih mencari-cari klub baru pada bursa transfer musim panas pada Juni lalu.

Baca Juga: Shin Tae-yong Akan Coret 4 Pemain Jelang Lawan Bahrain, Pratama Arhan Masuk Daftar?

"Timnas Indonesia benar-benar punya pemain bagus sekarang. Seperti Thom Haye, dia ikut latihan lama dengan kami saat pramusim kemarin untuk tetap fit," kata Sem Dekkers.

"Saat kita latihan bersama dia, dia benar-benar pemain berkualitas. Dan pemain-pemain seperti dia sekraang ada di Timnas Indonesia."

Pemain keturunan Indonesia, Sem Dekkers. [Dok. Instagram/@semdekkers_]Pemain keturunan Indonesia, Sem Dekkers. [Dok. Instagram/@semdekkers_]

Sebelum menyampaikan keinginan membela Timnas Indonesia, sosok Sem Dekkers sejatinya dikabarkan sempat jadi target Shin Tae-yong.

Pasalnya, dia dianggap punya potensi yang sangat besar sebagai pemain. Dia diketahui sudah tampil bersama AZ Alkmaar U-21 saat usianya masih 18 tahun.

Menyitat Transfermarkt, Sem Dekkers yang kini berusia 20 tahun telah tampil 44 kali di Eerste Divisie atau Liga Dua Belanda bersama AZ Alkmaar U-21.

Dalam periode tersebut, dia telah memainkan 2.672 menit dengan catatan satu gol yang dia lesakkan pada musim 2022/2023.

Profil singkat Sem Dekkers

Sem Dekkers, seorang pemain sepak bola berbakat, lahir di Heiloo, Belanda pada 28 Mei 2004. Kini, di usia 20 tahun, karier sepak bolanya semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Perjalanan karier Sem Dekkers dimulai dari klub lokal HSV Heiloo sebelum bergabung dengan akademi sepak bola AZ Alkmaar pada Juli 2014.

Seiring berjalannya waktu, ia terus menapaki jenjang kariernya, hingga akhirnya dipromosikan ke tim U-17 dan kemudian U-21. Saat ini, Dekkers menjadi pemain reguler di kompetisi kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie.

Meskipun tampil di liga yang tidak sepopuler Eredivisie, Dekkers tetap mendapat perhatian dari tim nasional Belanda kelompok umur.

Ia telah mencatatkan total tiga penampilan bersama tim U-15, enam kali membela U-18, dan sekali bermain untuk U-19. Hal ini menegaskan bahwa Dekkers adalah pemain berkualitas, yang tentu berpeluang menjadi bagian dari tim nasional Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Sebagai pemain keturunan Maluku, Dekkers memenuhi syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, posisinya sebagai bek kiri bisa menjadi tantangan tersendiri karena saat ini sektor tersebut sudah dihuni oleh beberapa nama besar.

Pemain seperti Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Pratama Arhan, hingga Nathan Tjoe-A-On sering diandalkan di posisi yang sama, meskipun Nathan kadang dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Meski begitu, bukan berarti peluang Dekkers tertutup. Jika dirinya berminat dan diinginkan oleh pelatih Shin Tae-yong, tak menutup kemungkinan ia bisa bersaing untuk posisi bek kiri di Timnas Garuda.

Dengan pengalaman dan kualitas yang dimiliki, Sem Dekkers bisa menjadi tambahan berharga bagi lini pertahanan Indonesia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ikal #keturunan #maluku #siap #bela #timnas #indonesia #sudah #latihan #bareng #thom #haye

KOMENTAR