Siapa Rolf Euren? Pemain Keturunan Banyuwangi Kelahiran Thailand, Mesin Gol Klub Finlandia di Posisi Winger
Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia. (IG @infoseputargaruda_28)
06:36
7 Oktober 2024

Siapa Rolf Euren? Pemain Keturunan Banyuwangi Kelahiran Thailand, Mesin Gol Klub Finlandia di Posisi Winger

Mengenal lebih jauh sosok Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia.

Sebagai bangsa besar, Indonesia memiliki banyak pemain-pemain keturunan yang berada di luar negeri, terutama di Eropa.

Para pemain keturunan yang di Eropa itu biasanya banyak ditemukan di Belanda, mengingat sejarah yang dimiliki Indonesia dengan negara Kincir Angin itu.

Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia. (IG @infoseputargaruda_28)Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia. (IG @infoseputargaruda_28)

Namun, diam-diam Indonesia juga punya beberapa pemain keturunan yang tersebar di Kawasan Eropa lainnya, terutama Kawasan Nordik yang terkenal dingin dan berbanding terbalik dengan Indonesia.

Baca Juga: Siapa Vincent Pichel? Pemain Keturunan Iran-Bogor yang Main di Juara Eredivisie

Salah satunya adalah Rofl Euren. Ia merupakan pemain keturunan yang kini tinggal dan menetap di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia.

Dilansir dari laman Instagram @infoseputargaruda_28, pemain berusia 17 tahun itu memiliki paspor Indonesia dan darah Indonesia dari sang ibunda.

“Ya, saya mempunyai paspor Indonesia, darah Indonesia mengalir di tubuh saya melalui ibu saya,” kata Rolf Euren dikutip dari @infoseputargaruda_28 di Instagram.

Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia. (IG @infoseputargaruda_28)Rolf Euren, pemain keturunan Indonesia yang saat ini berkiprah di salah satu negara Nordik, yakni Finlandia. (IG @infoseputargaruda_28)

Lantas, siapakah sosok Rolf Euren itu? Bagaimana kiprahnya sejauh ini dan apakah ia bisa menjadi salah satu pemain keturunan yang dilirik Timnas Indonesia?

Keturunan Indonesia, Lahir di Thailand

Baca Juga: Pemain Keturunan Depok Tinggal Tunggu Persetujuan Shin Tae-yong untuk Bela Timnas Indonesia?

Rolf Euren merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Bangkok, Thailand, pada 14 Maret 2007 atau saat ini berusia 17 tahun.

Karena lahir di Bangkok dan memiliki darah serta paspor Indonesia, maka Rolf Euren bisa memilih membela dua negara itu atau Finlandia yang jadi tempat tinggalnya saat ini.

Namanya Rolf Euren sendiri sempat muncul ke permukaan dan jadi perbincangan pada 2023 lalu. Saat itu, ia digadang-gadang netizen sebagai salah satu pemain yang bisa masuk Timnas Indonesia U-17.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 lalu Timnas U-17 banyak mencari pemain keturunan karena akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Karenanya, netizen banyak mendesak agar PSSI melirik Rolf Euren. Sayang hingga Piala Dunia U-17 2023 bergulir, Rolf Euren tak dilirik.

Berbicara soal darah keturunannya, Rolf Euren diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Dilansir dari akun @seputargaruda, ibunya berasal dari Tanah Air, tepatnya Pesanggaran, Banyuwangi.

“Ibu saya berasal dari Indonesia dan seluruh keluarga saya dari pihak ibu saya. (Mereka berasal dari) Pesanggaran,” kata Rolf Euren dikutip dari @seputargaruda.

Lalu bagaimana dengan kiprahnya? Sayangnya tak banyak informasi mengenai perjalanan karier Rolf Euren di Finlandia.

Hanya saja diketahui saat ini ia bermain bagi Turun Palloseura U-17, atau akademi dari salah satu klub top di kasta teratas Finlandia atau Ykkonen.

Rolf Euren sendiri bermain sebagai winger kiri. Disebutkan, ia telah mencatatkan 7 penampilan dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Catatan itu cukup apik untuk seorang pemain muda dan bisa saja dirinya berkembang lebih jauh, sehingga bisa menarik banyak atensi tim-tim Scouting Eropa.

Jika nantinya Rolf Euren bisa menembus pasar Eropa, bukan tidak mungkin PSSI akan meliriknya, mengingat Timnas Indonesia membutuhkan penyerang baru

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #rolf #euren #pemain #keturunan #banyuwangi #kelahiran #thailand #mesin #klub #finlandia #posisi #winger

KOMENTAR