Thom Haye Diusahakan Bisa Tampil Saat Timnas Indonesia Lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Thom Haye. (Dok. PSSI)
10:30
25 Januari 2024

Thom Haye Diusahakan Bisa Tampil Saat Timnas Indonesia Lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Wakil Ketua umum PSSI Zainudin Amali menyebut pihaknya akan mengusahakan Thom Haye bisa membela Timnas Indonesia saat lawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain Haye, Ragnar Oratmangoen prosesnya juga saat ini sedang dikebut.

Seperti diketahui saat ini ada empat pemain keturunan yang prosesnya sedang berjalan menuju WNI. Selain Thom Haye, ada Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes, dan Nathan Tjoe-A-On.

Adapun untuk Nathan sebenarnya sudah memasuki tahap akhir. Sang pemain hanya tinggal mengambil sumpah saja untuk mengesahkan dirinya sebagai WNI.

Waketum 1 PSSI Zainudin Amali (kiri) saat mengikuti jumpa pers di Surabaya, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Ho/PSSI)Waketum 1 PSSI Zainudin Amali (kiri) saat mengikuti jumpa pers di Surabaya, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Ho/PSSI)

Sedangkan tiga pemain keturunan lainnya prosesnya saat ini sedang dikejar oleh PSSI. Itu supaya ketiganya bisa memperkuat Timnas Indonesia di kejuaraan terdekat yaitu Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebab, pada 21 dan 26 Maret mendatang, timnas Indonesia akan melawan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026. Hadirnya pemain keturunan tentu bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia.

"Iya dalam proses, kan proses itu kita mengajukan ke pemerintah ke kemenpora kemudian ke Kemenkumham, Setneg setelah itu ke presiden itu kan prosesnya," kata Zainudin Amali kepada awak media.

Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diharapkan bisa selesai per akhir Februari. PSSI sekarang fokus menyelesaikan satu per satu prosesnya.

"Mudah-mudahan keburu prosesnya (untuk melawan Vietnam)," pungkas mantan Menpora itu.

Adapun saat ini Timnas Indonesia memang banyak diperkuat oleh pemain keturunan. Selain mereka yang akan menyusul ke depan, sudah lebih dahulu beberapa pemain merapat.

Mereka seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #thom #haye #diusahakan #bisa #tampil #saat #timnas #indonesia #lawan #vietnam #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR