5 Amunisi Timnas Belanda yang Punya Darah Keturunan Indonesia, Tijjani Reijnders Jadi Nama Terbaru
Gelandang Timnas Belanda, Tijjani Reijnders. [JOHN THYS / AFP]
13:06
2 Oktober 2024

5 Amunisi Timnas Belanda yang Punya Darah Keturunan Indonesia, Tijjani Reijnders Jadi Nama Terbaru

Sejumlah pemain keturunan Indonesia malah menjadi andalan Timnas Belanda. Sejak masa lampau, ada beberapa pemain berdarah Indonesia yang berstatus sebagai tulang punggung Oranje.

Untuk saat ini, setidaknya masih ada dua pesepak bola berdarah Indonesia yang tercatat aktif memperkuat Timnas Belanda. Mereka meneruskan jejak para pendahulunya yang berjuang bersama Oranje.

Beberapa nama di antaranya bahkan sukses menjadi legenda di Negeri Kincir Angin itu. Mereka menorehkan tinta emas selama menjalani karier yang panjang, baik di level klub maupun tim nasional.

Berikut Suara.com menyajikan nama-nama pemain andalan Timnas Belanda yang ternyata memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Menjadi WNI, Diprediksi Debut Saat Lawan Bahrain

1. Tijjani Reijnders

Salah satu pemain berdarah Indonesia yang saat ini cukup digandrungi fans sepak bola di Tanah Air ialah Tijjani Reijnders. Dia masih aktif menjadi tulang punggung lini pertahanan Timnas Belanda.

Sebetulnya, Shin Tae-yong pernah memanggilnya pada tahun 2022. Namun, pemain AC Milan ini menolak karena lebih memilih memperkuat Belanda. Namun, adiknya, Elliano Reijnders, berpeluang memperkuat skuad Garuda.

2. Virgil van Dijk

Bek tangguh yang kini menjadi andalan Liverpool dan Timnas Belanda, Virgil van Dijk, ternyata juga memiliki garis keturunan Indonesia dari neneknya yang merupakan wanita asal Maluku.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Mau Duet dengan Eliano Reijnders, Oxford United Malah Dihujat

Dia sudah tak terjaring radar naturalisasi PSSI karena telah memperkuat Timnas Belanda sejak tahun 2015. Sampai saat ini, bek berpostur 195 cm itu masih menjadi andalan meskipun usianya telah menginjak 33 tahun.

3. Simon Tahamata

Sosok pemain berdarah Indonesia yang pernah menjadi andalan Timnas Belanda ialah Simon Tahamata. Pemain yang memiliki darah Maluku ini merupakan sosok yang sangat legendaris.

Selama tujuh tahun memperkuat Timnas Belanda, Simon Tahamata sudah menyumbangkan dua gol dari 22 penampilan. Dia dikenal sebagai sosok pemain legenda dari klub raksasa, Ajax.

4. Roy Makaay

Di tahun 1996 hingga 2005, Timnas Belanda juga pernah mengandalkan sosok penyerang andal bernama Roy Makaay. Pemain kelahiran 9 Maret 1975 ini adalah sosok yang sangat terkenal kala itu.

Dia tak hanya punya karier mentereng di Belanda, tetapi juga bersama sejumlah klub seperti Deportivo La Coruna hingga Bayern Munich. Dari total 43 penampilan bersama Belanda, dia menyumbang enam gol.

5. Giovanni van Bronckhorst

Sosok pemain berdarah Indonesia yang barangkali paling dikenal oleh pencinta sepak bola di Tanah Air pada masa silam ialah Giovanni van Bronckhorst. Sebab, kariernya sangat mentereng.

Gelandang keturunan Maluku ini tercatat sudah menyumbangkan enam gol dari 106 penampilannya bersama Timnas Belanda. Dia bahkan mengantarkan Oranje ke final Piala Dunia 2010.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #amunisi #timnas #belanda #yang #punya #darah #keturunan #indonesia #tijjani #reijnders #jadi #nama #terbaru

KOMENTAR