Jelang Pulang ke Solo, Jokowi Nonton Langsung MotoGP di Mandalika, Apresiasi Keterlibatan Kru Lokal
Presiden Jokowi menyerahkan tropi kepada pemenang MotoGP Mandalika. (Setpres)
17:29
30 September 2024

Jelang Pulang ke Solo, Jokowi Nonton Langsung MotoGP di Mandalika, Apresiasi Keterlibatan Kru Lokal

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanfaatkan akhir pekan dengan menyaksikan langsung ajang balap motor MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah. Kehadiran itu menjadi bentuk dukungan penuh pemerintah terhadap kegiatan olahraga berskala internasional itu .

Jokowi hadir dengan mengenakan kaus lengan panjang berwarna abu-abu muda. Jokowi terlihat ikut tegang menyaksikan drama selama balapan.

Usai race, kepala negara berjalan kaki menuju lokasi podium untuk mengikuti prosesi penyerahan trofi. Dia menyerahkan trofi kepada pembalap yang berhasil meraih posisi teratas, Jorge Martin. Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan trofi kepada Pedro Acosta sebagai runner-up. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyerahkan trofi kepada Francesco Bagnaia yang meraih posisi ketiga.

Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia dalam tiga tahun terakhir. ’’Utamanya dalam manajemen lebih baik, fasilitasnya juga terlihat semakin baik,’’ ujarnya.

Jokowi juga mengapresiasi kehadiran kru lokal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut dia, hal tersebut menunjukkan dukungan terhadap pemberdayaan tenaga kerja lokal. ’’Itu yang saya senang,” ungkapnya.

Presiden juga menyoroti pentingnya evaluasi dan perbaikan untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang. ’’Saya kira yang masih kurang kita evaluasi, perbaiki, yang masih kurang evaluasi, perbaiki, dikoreksi, perbaiki,’’ ucapnya.

Jokowi sempat bicara dengan Dorna Sports selaku penyelenggara. Dia menyebut bahwa Dorna mengapresiasi budaya lokal yang ditampilkan dalam acara pembukaan ajang balap tersebut.

’’Dorna menyampaikan penyelenggaraan kita memang berbeda, sangat baik, ada national anthem dan ada tarian yang juga sangat baik,’’ ungkapnya.

Usai menyaksikan acara itu, Jokowi dan rombongan kembali ke Jakarta. Besok (1/10) Jokowi diagendakan mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT). (lyn/c17/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jelang #pulang #solo #jokowi #nonton #langsung #motogp #mandalika #apresiasi #keterlibatan #lokal

KOMENTAR