Dulu Lawan Berat, Kini Ranking FIFA Vietnam di Ujung Jurang Kalah dengan Timnas Indonesia
Timnas Vietnam saat hadapi Indonesia di Piala Asia 2023 (the-afc.com)
07:30
10 September 2024

Dulu Lawan Berat, Kini Ranking FIFA Vietnam di Ujung Jurang Kalah dengan Timnas Indonesia

Tensi persaingan di level Asia Tenggara semakin memanas. Timnas Indonesia kini mengintai posisi Vietnam di peringkat FIFA. Keberhasilan menahan imbang Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 telah mendongkrak posisi skuad Garuda. Sementara itu, Vietnam justru mengalami penurunan peringkat setelah takluk dari Rusia.

Media Vietnam, Soha, melaporkan kekhawatiran mereka akan potensi disalip oleh Indonesia.

Kekalahan telak dari Rusia yang notabene berada di peringkat 117 dunia membuat poin Vietnam tergerus cukup signifikan.

Selain itu, kemenangan Kongo atas Sudan Selatan dan Lebanon atas Tajikistan juga turut mempengaruhi penurunan peringkat The Golden Star Warriors.

Baca Juga: 48 Negara Siarkan Timnas Indonesia vs Australia, Tapi Malaysia dan Vietnam Absen: Panaskah?

"Tim Vietnam terus terpuruk di peringkat FIFA, dan berisiko "disalip" oleh tim Indonesia dalam waktu dekat," tulis Soha, Senin (9/9/2024).

"Berdasarkan data terkini Football Ranking, peringkat FIFA terus merosotkan tim Vietnam setelah kalah dari Rusia yang saat ini menduduki peringkat 117 dunia."

Berbeda dengan Vietnam, Indonesia justru mendapat angin segar.

Dua pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman saat menghadapi Arab Saudi dalam matchday pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. [PSSI]Dua pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman saat menghadapi Arab Saudi dalam matchday pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. [PSSI]

Satu poin dari laga melawan Arab Saudi membawa Timnas Indonesia naik dua peringkat.

Peluang untuk terus merangsek naik masih terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia Berpotensi Cetak Gol Lawan Australia, Calvin Verdonk Tendangan Bebas

Menurut perhitungan Footyranking, jika mampu meraih kemenangan atas Australia di laga kandang berikutnya, skuad Garuda berpotensi naik hingga lima peringkat.

Lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan pencapaian monumental bagi sepak bola Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong pun telah menyiapkan strategi matang untuk menghadapi lawan-lawan berat di babak ini.

Jordi Amat saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam (pssi.org)Jordi Amat saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam (pssi.org)

Meski jalan menuju Piala Dunia 2026 masih panjang dan penuh tantangan, semangat juang skuad Garuda tetap menyala.

"Menariknya, tim Indonesia berpeluang naik tajam peringkat FIFA jika berhasil mencetak gol ke gawang Australia di kandang sendiri pada laga kedua babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026 (10 September). Perhitungannya, jika menang atas Australia, tim Indonesia akan mendapat poin hingga 21,07. Saat itu, tim Indonesia berpeluang naik 5 peringkat dari peringkat 131 hingga 126 dunia," papar Soha.

Skuad Garuda dipastikan akan berjumpa lawan-lawan tangguh di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tergabung dalam Pot 6, Justin Hubner dan kawan-kawan dipastikan satu grup dengan tim-tim kuat dari Pot 1 hingga Pot 5.

Babak ketiga ini terbagi menjadi tiga grup, masing-masing berisi enam tim. Hanya dua tim terbaik dari setiap grup yang berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Jalan menuju panggung dunia memang tidak mudah bagi Timnas Indonesia.

Setidaknya lima tim kuat siap menghadang langkah Timnas Indonesia. Jepang, Australia, dan Bahrain adalah beberapa di antaranya yang memiliki rekam jejak mentereng di kancah sepak bola Asia.

Namun, hasil imbang melawan Arab Saudi pada laga perdana menjadi modal berharga bagi anak asuh Shin Tae-yong.

Persaingan di babak ketiga ini sangat ketat. Finis di posisi ketiga atau keempat tidak cukup untuk mengamankan tiket langsung ke Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos melalui babak keempat, di mana dua grup berisi tiga tim akan memperebutkan satu tiket otomatis.

Namun, finis di posisi ketiga pada babak keempat juga akan membuat langkah Timnas Indonesia terhenti. Hanya runner-up babak keempat yang berhak melaju ke babak kelima.

Babak kelima akan menjadi babak yang sangat krusial. Timnas Indonesia berpotensi berhadapan dengan tim-tim kuat dari berbagai konfederasi seperti CAF, CONMEBOL, OFC, dan CONCACAF. Hanya dua tim yang akan lolos ke putaran final dari babak ini.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #dulu #lawan #berat #kini #ranking #fifa #vietnam #ujung #jurang #kalah #dengan #timnas #indonesia

KOMENTAR