Jay Idzes Bukan Pemain Indonesia Pertama di Serie A Liga Italia, Tapi Kurniawan Dwi Yulianto? Begini Ceritanya
Kurniawan Dwi Yulianto dan Jay Idzes (Kolase Suara.com)
15:12
26 Agustus 2024

Jay Idzes Bukan Pemain Indonesia Pertama di Serie A Liga Italia, Tapi Kurniawan Dwi Yulianto? Begini Ceritanya

Jay Idzes baru saja dinobatkan sebagai pemain sepak bola Indonesia pertama yang tampil di Serie A Italia kala tampil bagi Venezia saat bertandang ke markas Fiorentina di pekan kedua, Minggu (25/8). Bukannya Kurniawan Dwi Yulianto? Berikut ini penjelsannya

Di laga tersebut, Jay Idzes diturunkan sebagai starter oleh Eusebio Di Francesco dan bermain selama 68 menit sebelum ditarik keluar dan digantikan Michael Svoboda.

Dikutip dari fotmob, saat diturunkan sebagai starter, bek berusia 24 tahun itu tampil solid dengan mendapatkan 1 peluang emas, 3 sapuan, 1 intersep, 1 tekel, dan melepaskan 50 operan sukses dari 52 percobaan.

Sayangnya penampilan apik ini tak cukup membawa Venezia meraih kemenangan di markas Fiorentina dan harus puas berbagi angka dengan skor 0-0.

Baca Juga: Kiper 185 Cm dari Belanda Menghilang dari Skuad Timnas Indonesia U-17 yang Hajar India

Terlepas dari hasil tersebut, dimainkannya Jay Idzes menciptakan rekor tersendiri bagi sepak bola Indonesia di Serie A ltalia.

Karena dimainkan oleh Venezia, mantan bek Go Ahead Eagles itu disebut-sebut sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A Italia.

Meski begitu, status Jay Idzes sebagai pemain Indonesia pertama di Serie A masih menjadi perdebatan, terutama di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya sebelum Jay Idzes, Indonesia punya beberapa pemain yang bermain di ltalia, yakni Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, dan Bima Sakti di Sampdoria.

Lantas muncul pertanyaan besar. Siapa pemain Indonesia yang terlebih dahulu tampil di Serie A ltalia? Apakah Jay ldzes, Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, atau Bima Sakti?

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Loek Schiffer: Profil, Garis Keturunan, Perjalanan Karier, Calon Penerus Thom Haye

Kurniawan Dwi Yulianto Resmi Jadi Asisten Pelatih FC Como (@kurniawanqana)Kurniawan Dwi Yulianto Resmi Jadi Asisten Pelatih FC Como (@kurniawanqana)

Pemain Indonesia Pertama di Serie A

Sekadar informasi, sebelum Jay ldzes memang Indonesia memiliki tiga pernain yang bergabung klub ltalia, Sampdoria, yakni Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, dan Bima Sakti.

Pada tahun 1993, ketiganya mendapat kesempatan menimba ilmu di ltalia bersama Sampdoria Primavera.

Kiper legendaris Timnas Indonesia, Kurnia Sandy. [Dok. Instagram/@ksandy01]Kiper legendaris Timnas Indonesia, Kurnia Sandy. [Dok. Instagram/@ksandy01]

Dari ketiganya, hanya Kurniawan dan Kurnia Sandy yang berhasil menembus tim utama Sampdoria dan bahkan ditangani langsung oleh pelatih kenamaan, Sven Goran Erikson.

Kurniawan pernah dimainkan bersama tim utama saat Sampdoria menjalani laga pramusim di Asia Tenggara. Sayangnya ia tak masuk skuad utama untuk berlaga di Serie A.

Lain ceritanya dengan Kurnia Sandy. Ia berhasil menjadi kiper keempat Sampdoria dan hampir melakoni debut bersama tim berjuluk Il Samp itu.

Jay Idzes masuk skuad Venezia untuk Serie A 2024/2025. (Instagram/@jayidzes)Jay Idzes masuk skuad Venezia untuk Serie A 2024/2025. (Instagram/@jayidzes)

Saat itu, dua kiper Sampdoria, Fabrizio Peron dan Matteo Sereni absen karena suatu alasan.

Hal ini membuat Kurnia Sandy dipanggil Sven Goran Erikson ke tim utama.

Singkat cerita, Kurnia Sandy gagal tampil bagi Sampdoria di Serie A karena alasan dokumen yang belum dilengkapi.

Ia pun sempat mencoba menghubungi PSSI, tapi tak mendapat jawaban.

Karenanya, baik Kurniawan dan Kurnia Sandy hanya menjadi pemain Indonesia yang pernah berkarier bersama tim Serie A Italia, tapi bukan pemain Indonesia pertama yang tampil di Serie A Italiam

Alhasil, Jay Idzes lah yang sah mendapatkan gelar tersebut karena tampil dan bermain bagi Venezia di pekan kedua Serie A Italia 2024/2025 kontra Fiorentina.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #idzes #bukan #pemain #indonesia #pertama #serie #liga #italia #tapi #kurniawan #yulianto #begini #ceritanya

KOMENTAR