Profil Prisca Marina Haryogi Supardi, Ibu Gusti Bhre yang Ternyata Keturunan Orang Terpandang di Era Orde Baru
Prisca Marina Haryogi Supardi (sebelah kiri) samping Gusti Bhre merupakan ibu dari Gusti Bhre yang merupakan keturunan orang berpengaruh di era Orde Baru
13:04
18 Agustus 2024

Profil Prisca Marina Haryogi Supardi, Ibu Gusti Bhre yang Ternyata Keturunan Orang Terpandang di Era Orde Baru

Sosok KGPAA Mangunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau yang akrab disapa Gusti Bhre santer disebut sebagai salah satu sosok yang maju dalam Pilwakot Solo. Tak sedikit yang menyorot latar belakangnya terutama ibu dari Gusti Bhre.

Nama Gusti Bhre hangat disebut bakal maju dalam gelaran Pilkada Solo. Ia disebut-sebut bakal berdampingan dengan Ketua PSI Kaesang Pangarep yang tak lain putra bungsu Presiden Jokowi.

Berdasarkan survei mengutip dari versi Jarcomm, sosok Gusti Bhre menjadi yang teratas dibanding terkait elektabilitasnya dibanding sosok populer lainnya di Kota Solo.

Tercatat Gusti Bhre memeroleh 31,8 persen disusul kemudian Wakil Wali Kota Solo petahana Teguh Prakoso yang memeroleh 27,0 persen disusul kemudian Kaesang Pangarep yang memeroleh 23,4 persen.

Baca Juga: Momen Bersejarah! Upacara HUT ke-79 RI Sukses Digelar di IKN untuk Pertama Kalinya

Tingginya survei Gusti Bhre tersebut pun tak sedikit membuat penasaran publik, terutama mengenai latar belakangnya, terutama mengenai sosok ibu Gusti Bhre.

Diketahui Gusti Bhre merupakan anak kedua dari pasangan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya atau KGPAA Mangkunegara IX atau yang dikenal dengan nama Gusti Sudjiwo Kusumo dengan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX atau yang akrab dikenal Prisca Marina Haryogi Supardi.

Ibu Gusti Bhre diketahui merupakan anak dari sosok berpengaruh di Indonesia.

Ia merupakan anak bungsu dari Yogi Ignasius Supardi.

Ayahnya Yogi Ignasius Supardi merupakan pria kelahiran Klaten 25 Juli 1929 yang memiliki latar seorang anggota TNI angkatan pertama sejak Akademi Militer Yogyakarta didirikan pada 31 Oktober 1945.

Baca Juga: Drama Maarten Paes Bela Timnas Bikin Geregetan Bek Keturunan Penghancur Man United

Latar belakang militer membawa kariernya menuju ke pemerintahan. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Staf Administrasi di dalam Departemen Pertahanan dan Keamanan pada 1980.

Di kemudian hari di era Orde Baru, Yogi ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang. Masa tugasnya yakni 31 Agustus 1987 hingga 16 Mei 1991.

Ibunda Prisca Marina Haryogi Supardi yang tak lain istri dari Yogi Ignasius Supardi yakni Olga Wahyu.

Perempuan kelahiran 25 Desember 1955 itu merupakan seorang pramugari. Ia wafat ketika terjadi kecelakaan pesawat Garuda Indonesia penerbangan 200 yang menabrak sawah ketika mendarat di bandara Internasional Adisutjipto pada 7 Maret 2007 silam.

Prsica diketahui merupakan istri kedua dari KGPAA Mangkunegara IX.

Sebelum menikah dengan Prisca, KGPAA Mangkunegara IX menikah dengan putri Sang Proklamator yakni Sukmawati Soekarnoputri.

Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua anak yakni GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GRA Putri Agung Suniwati atau disapa Menur.

Namun pernikahan mereka tak berusia lama. Dimana KGPAA Mangkunegara IX akhirnya bercerai dengan Sukmawati Soekarnoputri.

Setelah bercerai, KGPAA Mangkunegara IX menikah dengan Prisca Marina yang kemudian menjadi permaisuri.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #profil #prisca #marina #haryogi #supardi #gusti #bhre #yang #ternyata #keturunan #orang #terpandang #orde #baru

KOMENTAR