Megawati dan SBY Absen Upacara HUT RI di IKN, Jokowi: Beliau-beliau kan Ada Kegiatan yang Sangat Penting
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto memberikan keterangan usai Upcara penurunan bendera di Istana Negara IKN, Kaltim, Sabtu (17/8/2024). [Suara.com/Novian]
19:16
17 Agustus 2024

Megawati dan SBY Absen Upacara HUT RI di IKN, Jokowi: Beliau-beliau kan Ada Kegiatan yang Sangat Penting

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghargai ketidakhadiran dua mantan presiden dalam upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sebelumnya diberitakan, pihak istana mengundang Megawati maupun Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Belakangan kedua mantan kepala negara tersebut tidak hadir lantaran keduanya memiliki kesibukan lain.

"Ya karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda. Saya kira kita harus menghargai," kata Jokowi di Istana Negara, IKN, Sabtu (17/8/2024).

Jokowi menghargai kegiatan Megawati dan SBY yang sama-sama melakukan peringatan kemerdekaan RI di tempat berbeda.

Baca Juga: Jokowi Ajak Surya Paloh Keliling IKN di Area Istana Negara

"Karena beliau-beliau juga merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan saya kira. Merayakan di manapun sama," kata Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Megawati Soekarnoputri menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan di Halaman Masjid At-Taufia, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Sementara, SBY sedang berada di Pacitan, Jawa Timur. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono SBY absen karena melakukan slametan 1 tahun beridrinya Museum SBY-Ani.

"Kebetulan Pak SBY tahun ini sedang berada di Pacitan karena ada syukuran 1 tahun Museum SBY-Ani," kata Ibas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

Ibas merinci, slametan tersebut dilakukan sebagai ungkapan doa dan harapan agar museum tersebut bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

Baca Juga: Bak Langit Bumi, Beda Makna Baju Adat Jokowi vs Ma'ruf Amin Saat Upacara 17 Agustus di IKN

"Beliau ingin hadir secara langsung memberikan semacam selametan gitu ya agar usia museum di masa depan juga terus baik dan bisa bermanfaat untuk generasi generasi selanjutnya," katanya

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #megawati #absen #upacara #jokowi #beliau #beliau #kegiatan #yang #sangat #penting

KOMENTAR