Buka Pameran Lukisan, Menko Polhukam: IKN Cerminkan Bhineka Tunggal Ika
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, saat membuka Pameran Tunggal Pelukis Tarso “Boyong Gunungan” Menyemai Budaya di IKN; di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (14/8/2024).  
00:06
16 Agustus 2024

Buka Pameran Lukisan, Menko Polhukam: IKN Cerminkan Bhineka Tunggal Ika

- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan konsep kota yang memadukan konsep ramah lingkungan, hutan dan teknologi tinggi.

Pernyataan itu disampaikan saat membuka Pameran Tunggal Pelukis Tarso “Boyong Gunungan” Menyemai Budaya di IKN di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu, 14 Agustus 2024.

"IKN adalah aset bangsa maka wajah dari IKN harus mencerminkan Bhineka Tunggal Ika," kata dia dalam keterangannya pada Kamis (15/8/2024).

Menurut Hadi, IKN itu milik dari semua suku, bangsa, ras dan agama yang ada di Indonesia. Makanya tepat, untuk pameran lukisan kali ini yaitu penggambaran semua budaya yang ada di Indonesia untuk boyong gunungan.

"Artinya, kita bersama-sama mengisi IKN dengan budaya-budaya yang kita miliki. IKN sesuai dengan Namanya yaitu Nusantara akan berwajah kekayaan budaya Indonesia berbhineka namun tetap tunggal ika," ujarnya.

Di tempat yang sama, pelukis Tarso atau Andri Wintarso dalam orasi budayanya menyebutkan bahwa Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan sebuah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

"Perubahan ini bukan hanya sekadar pemindahan fisik, tetapi juga membawa harapan akan terwujudnya pusat pemerintahan yang lebih modern, efisien, dan berkelanjutan. IKN di Kalimantan Timur diharapkan menjadi simbol kemajuan, keberagaman, serta harmonisasi antara manusia dan alam," ujarnya.

Pameran seni rupa ini hadir sebagai wujud partisipasi dan refleksi para seniman terhadap perpindahan ibu kota tersebut.

Melalui karya-karya seni yang dipamerkan, kita dapat melihat, merasakan, dan merenungkan berbagai aspek dari perubahan besar ini.

Setiap karya yang dipamerkan merupakan hasil eksplorasi mendalam dan mencoba menangkap esensi dan semangat perpindahan ibu kota.

Dia berharap pameran ini tidak hanya menjadi ajang apresiasi seni, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kita semua terhadap pentingnya perpindahan ibu kota ini.

"Semoga karya-karya yang dipamerkan dapat menginspirasi, menggugah rasa kebanggaan, serta membangkitkan semangat kita dalam mendukung proses perpindahan ini. IKN bukan hanya Legacy  tentang kemajuan teknologi dan gedungnya yang mewah namun juga menunjukan nilai budaya yang tinggi serta Adiluhung bagi anak cucu kita," kata dia.

"Pada Usia 79 tahun Merdeka Bangsa Indonesia saat ini sedang mengukir Sejarah besar untuk para masa depan penerus bangsa," tutup Tarso

Untuk diketahui, pameran yang dilaksanakan hasil kerja sama Yayasan Cahaya Ladara Nusantara dan Bentala Merah Putih di Hotel Borobudur Jakarta ini memamerkan 55 karya lukisan

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #buka #pameran #lukisan #menko #polhukam #cerminkan #bhineka #tunggal

KOMENTAR