Pengamat : Mundurnya Airlangga Tidak akan Ganggu Kesiapan Partai Golkar Menghadapi Tahapan Pilkada
Airlangga Hartarto akhirnya buka suara mengenai kabar pengunduran dirinya dari kursi ketua umum Partai Golkar. Airlangga mengumumkan kabar pengunduran diri tersebut lewat video tapping yang disebar kepada awak media pada Minggu (11/8/2024). 
05:22
13 Agustus 2024

Pengamat : Mundurnya Airlangga Tidak akan Ganggu Kesiapan Partai Golkar Menghadapi Tahapan Pilkada

Mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar tidak akan mengganggu tahapan pilkada partai berlogo pohon beringin itu. 

"Kalau bagi Golkar (pilkada) tidak akan terdampak secara umum," kata Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin sat dikonfirmasi, Senin (12/8/2024). 

Ujang menilai Golkar tidak hanya kali ini diterpa pergolakan politik.

Ia mengungkit beberapa kasus sebelumnya yang pernah dilanda oleh partai yang sudah ada sejak orde baru ini. 

"Dan dalam konteks pileg, pilkada pun sudah biasa. Golkar waktu dihajar kasus korupsi 2014 juga biasa-biasa saja, masih pada besar," ujarnya.

 "Tahun 2019 dihajar kasus korupsi ketua umumnya dan sekjennya juga aman-aman saja. Tahun 2024 ini Golkar penambahan suaranya signifikan lah, baik," sambung Ujang.

Sebelumnya Airlangga resmi mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga menyampaikan pengunduran diri tersebut dalam rekaman video.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP partai Golkar. Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan pertimbangannya mundur dari Ketum Golkar adalah untuk menjaga keutuhan partai dan dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat.

"Untuk menjaga keutuhan partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintah yang akan terjadi dalam waktu dekat," katanya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #pengamat #mundurnya #airlangga #tidak #akan #ganggu #kesiapan #partai #golkar #menghadapi #tahapan #pilkada

KOMENTAR