Anies: Kita Harus Bangun ''Daycare'' di Tempat Kerja sebagai Dukungan pada Perempuan Pekerja
Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku senang berada di Batam, Kepulauan Riau. Bahkan Anies terlihat santai saat mendengar dari kerumunan ada masyarakat yang meneriaki nama capres lain, yakni Prabowo.(KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
23:06
19 Januari 2024

Anies: Kita Harus Bangun ''Daycare'' di Tempat Kerja sebagai Dukungan pada Perempuan Pekerja

- Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan sudah selayaknya setiap kantor di Indonesia membuat daycare untuk mendukung para perempuan pekerja.

Sebab, menurut Anies, banyak perempuan harus berhenti bekerja karena dihadapkan pada pilihan merawat anak atau melanjutkan karier. Lalu, tidak ada pilihan kedua yaitu bekerja sambil merawat anak.

"Jadi apa yang bisa dilakukan? kita harus membangun daycare, tempat penitipan anak kemudian ruang laktasi yang berkualitas di tempat-tempat kerja sebagai dukungan kepada perempuan yang bekerja agar dia tetap bisa bekerja sambil bisa merawat dan mengasuh anaknya," kata Anies dalam acara Desak Anies, Kamis (18/1/2024).

Anies mengatakan, penerapan daycare ini harus dilakukan di kantor swasta maupun pemerintah.

Dia lantas memberikan contoh daycare yang berada di Kementerian Pendidikan saat dipimpin olehnya

"Sayangnya sekarang digusur tempat itu," ujar Anies.

Kemudian, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies kembali membuat daycare yang berlokasi di gedung utama Balaikota.

"Kalau ini dikerjakan, itu bukan hal baru gara-gara urusan Pilpres (pemilihan presden), ini adalah melanjutkan yang kemarin sudah dikerjakan," kata Anies.

Selain itu, Anies juga menyinggung visi misinya untuk memberikan cuti melahirkan bagi ayah selama 40 hari.

"Kami memiliki program bahwa yang harus mengurus anak kan bukan hanya ibu ya, tapi bapak juga. Nah cuti melahirkan untuk para suami itu biasanya hanya dua hari di berbagai tempat. Kami ingin mengubah itu (menjadi) 40 hari bagi suami," ujarnya.

Editor: Singgih Wiryono

Tag:  #anies #kita #harus #bangun #daycare #tempat #kerja #sebagai #dukungan #pada #perempuan #pekerja

KOMENTAR