Ridwan Kamil Hingga Agus Gumiwang Berpeluang Gantikan Airlangga Hartarto Jadi Plt Ketum Golkar
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil. (partaigolkar.com)
04:08
12 Agustus 2024

Ridwan Kamil Hingga Agus Gumiwang Berpeluang Gantikan Airlangga Hartarto Jadi Plt Ketum Golkar

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Khaidir menyebut pihaknya akan menentukan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar yang menggantikan Airlangga Hartarto. Nantinya, penentuan nama akan dilakukan dalam rapat pleno yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar dalam waktu dekat.

Menurut Khaidir, pengunduran diri Airlangga baru akan diputuskan dalam rapat pleno tersebut. Namun, ia meyakini pelaksanaannya akan cepat karena sudah mendekati masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Tetapi memang akan dilakukan secepatnya mungkin dalam 1-2 hari ini agar supaya roda organisasi kita juga bisa berjalan dengan baik," ujar Khaidir di Kantor DPP Golkar, Minggu (11/8/2024).

Menurut Khaidir, yang berhak menjadi Plt Ketua Umum merupakan para wakil ketua.

Baca Juga: Airlangga Mundur dari Jabatan Ketum, Golkar: Tak Ada Paksaan

Terdapat banyak nama yang pantas menjabat, mulai dari Ridwan Kamil, Khaidir, Agus Gumiwang, Kahar Muzakkir, hingga Ahmad Doli Kurnia.

"Nah, di dalam peraturan organisasi PO nomor 8 tentang pergantian antarwaktu, kalau ditanya siapa yang akan menggantikan, semua wakil-wakil ketua umum mempunyai peluang untuk menggantikan posisi Pak Airlangga sebagai Plt," jelasnya.

Lebih lanjut, Plt ketua umum disebutnya tak harus berasal dari wakil ketua umum bidang tertentu. Nama yang terpilih nanti akan menjabat hingga Musyawarah Nasional (Munas) Desember mendatang.

"Itu semua tergantung keputusan rapat pleno yang akan dilakukan dalam waktu dekat," pungkasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto telah resmi menyatakan mengundurkan diri dari Partai Golkar. Pengunduran dirinya ini sudah disampaikannya sejak Sabtu (10/8/2024) malam.

Baca Juga: Alasan Babah Alun Cabut dari Golkar: Pak Airlangga Terzalimi

Dalam keterangan resminya, Airlangga menyebut pengunduran dirinya dilakukan karena ingin memuluskan transisi pemerintahan dari Kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo alias Jokowi-Maruf Amin ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Airlangga juga menyebut keputusan ini dibuat demi menjaga keutuhan partai lambang pohon beringin itu.

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga kepada wartawan, Minggu (11/8/2024).

"Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam, yaitu Sabtu, 10 Agustus 2024," lanjutnya.

Kemudian, Airlangga menyebut bakal ada mekanisme penentuan ketua umum yang baru. Ia berharap nantinya proses ini akan berlangsung dengan damai dan tertib.

"DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku," jelasnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #ridwan #kamil #hingga #agus #gumiwang #berpeluang #gantikan #airlangga #hartarto #jadi #ketum #golkar

KOMENTAR