Jejak Karier Ilham Habibie, Anak Presiden Maju Pilgub Jabar, Pendidikan Mentereng Pernah Kerja di Boeing
ilham habibie (Instagram)
09:16
11 Agustus 2024

Jejak Karier Ilham Habibie, Anak Presiden Maju Pilgub Jabar, Pendidikan Mentereng Pernah Kerja di Boeing

Ilham Akbar Habibie mendadak mencuri perhatia. Putra sulung dari BJ Habibie ini maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024 bersama partai Nasdem. Namun seperti apa jejak karier Ilham Habibie?

Padahal sebelumnya, ia dikenal tidak akrab dalam dunia politik. Namun Ilham menyampaikan bahwa ia merasa memiliki keterikatan dengan Jawa Barat usai lama tinggal di luar negeri.

“Ada hubungan emotional attachment, saya punya kedekatan dengan Jawa Barat dan Bandung,” ujarnya.

Sebelum menyambut kiprah Ilham Habibie di dunia politik khususnya dalam Pilgub Jabar 2024, simak jejak kariernya berikut.

Baca Juga: BRI Bangkitkan Desa Habibie Kecil! Program Desa Brilian Sukses Kembangkan Potensi Nepo

Pendidikan Ilham Habibie

Lahir di Aachen, Jerman pada 16 Mei 1963, Ilham Akbar Habibie memang menghabiskan masa kecil dan pendidikannya di luar negeri.

Kala itu, ia bersekolah di Elementary School Windmuehleweg, Jerman. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan sampai SMA di negara itu pula.

Mengikuti jejak sang ayah, Ilham Habibie pun masuk ke pendidikan tinggi teknik penerbangan Technical University of Munich pada tahun 1981 sampai 1986.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan sampai gelar doktor di kampus yang sama. Ia bahkan mendapatkan gelar summa cum laude dengan pujian.

Baca Juga: Mengenal Sosok B. J. Habibie Lebih Dekat Lewat Buku Menarik Satu Ini

Tak hanya di bidang penerbangan, Ilham bahkan juga mendapat gelar Master of Business Administration di Universitas Chicago di tahun 1999.

Jejak Karier Ilham Habibie

Dengan bekal pendidikan yang mentereng, Ilham sempat bekerja di Boeing sambil memimpin beberapa perusahaan. Namun, setelah itu, ia memilih bekerja dengan sang ayah, B.J. Habbe mendirikan Regio Aviasi Industri (RAI).

Riwayat pekerjaan Ilham Habibie memang tak perlu diragukan. Sebab, ia juga tercatat pernah menduduki posisi strategis di PT Dirgantara Indonesia, President Director PT Ilthabi Bara Utama, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, dan beberapa perusahaan besar lainnya.

Atas kinerjanya tersebut, Ilham Habibie telah dianugerahi berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Satyalancana Wira Karya, Adikarsa Pemuda, dan AFEO Honorary Fellow. Di tahun 2021 lalu, Ilham tercatat dalam daftar Asia Most Influential ID.

Putuskan Terjun ke politik

Meski bukan merupakan seorang politikus murni, pria berusia 61 tahun ini mengaku siap bertarung dengan lawannya yang tak bisa disepelekan. Sejumlah nama beken di politik seperti Ridwan Kamil Dedi Mulyadi hingga Bima Arya dikabarkan bakal turut meramaikan Pilkada Jawa Barat 2024.

“Ya, ada caranya gimana bisa kita menanggapi hal itu selama kita tidak berbuat sesuatu yang tidak legal karena memang tidak ada salahnya, kalau ada yang mau kritik, silahkan. Tapi kalau memang kita berbuat salah dan tidak legal ya memang kita harus dihukum,” ujar pria dengan latar pendidikan scientist ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #jejak #karier #ilham #habibie #anak #presiden #maju #pilgub #jabar #pendidikan #mentereng #pernah #kerja #boeing

KOMENTAR